Islam

Rekomendasi Nama Anak Perempuan Dalam Al-Qur’an

Nama merupakan sebuah doa yang menjadi harapan orang tua agar kelak anaknya menjadi seperti nama yang disematkan untuk anak tersebut. Memberikan nama untuk anak memang tidak mudah, karena kita musti menjadi yang pas dan cocok dengan apa yang kita harapkan. Saat anak baru saja lahir kita musti memberikan doa kelahiran anak agar anak menjadi anak yang diinginkan orang tua. Kemudian anak musti memikirkan nama apa yang cocok untuk anak. Anda bisa memberikan nama anak perempuan dalam Al-Qur’an, yaitu dengan memberi nama yang memiliki arti yang ada dalam Al-Qur’an. Hal ini bisa digunakan untuk menunjukkan identitas anak sebagai orang islam. Akan tetapi anda musti paham terlebih dahulu apa arti nama anak yang anda ambil dalam Al-Qur’an. Jadi jangan tinggal comot saja namun tak mengetahui artinya. Jika anda mempunyai anak perempuan dan ingin memberikan nama anak perempuan dalam Al-Qur’an berikut ini rekomendasi nama dan makna yang terkandung dalam nama tersebut.

Tips Memberikan Nama Anak Perempuan Dalam Al-Qur’an

  1. Maisara

Maisara merupakan sebuah nama yang bisa anda sematkan kepada anak anda, karena nama ini memiliki arti yang sangat bagus yaitu jika anda menginginkan anak agar tumbuh menjadi perempuan yang selalu diberi kemudahan dan kekuatan untuk menjalani hidupnya. Kata maisara ini ada dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 280 yang memiliki artian diberikan kemudahan, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani kehidupan. Dalam dalam bahasa memiliki arti ketenangan. Sehingga nama ini sangat cocok untuk anda berikan kepada buah hati anda.

www.pexels.com
  1. Ilmi

Pastinya setiap orang tua menginginkan anak memiliki ilmu yang bermanfaat dan menjadi anak yang  cerdas. Dengan memberikan nama anak ilmi maka sama halnya orang tua mendoakan agar anaknya menjadi anak yang cerdas dan berilmu. Dalam artian bahasa ia memiliki arti ilmu. Sedangkan di dalam Al-Qura’an sendiri ada dalam surat Al-Baqarah dalam ayat 47 yang memiliki arti pengetahuan. Sehingga nama ini akan sangat baik jika anda berikan kepada buah hati perempuan anda dan tentunya unik sekali.

  1. Aghnia

Aghnia sendiri memiliki makna kaya, hal ini ada dalam salah satu ayat dalam Al-Qur’an pada surat Al-Baqarah ayat 273 yang memiliki arti jika ingin kaya maka bersedakahlah. Jadi jika anda ingin memiliki anak perempuan yang kaya dan ahli sedekah anda bisa memberinya nama aghnia. Apalagi jika dilengkapi dengan nama fathira yang memiliki arti pemimpin maka anak anda akan memiliki arti pemimpin yang kaya yang senang bersedekah. Bagaimana menarik kan nama anak perempuan dalam Al-Qur’an yang bisa anda sematkan untuk anak perempuan tercinta anda.

  1. Sabira

Sabira ini memiliki arti sabar, kata ini ada dalam Al-Qur’an surat An-Anfal ayat 66 yang bermakna sabar. Pada ayat yang ada dalam surat tersebut memiliki bunyi jika Tuhan tidak akan memberikan cobaan untuk hamba-Nya diluar batas dan kesabaran manusia. Tuhan akan selalu membantu hamba-Nya dalam mengahadapi setiap masalah yang diberikan. Apalagi jika anda padukan dengan nama an-nisa yang memiliki arti perempuan. Jika disatukan maka menjadi makna yang sangat indah yaitu perempuan yang memiliki kesabaran yang luar biasa.

www.pexels.com
  1. Afida

Nama ini merupakan daftar nama anak perempuan dalam Al-Qur’an yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk memberikan nama anak anda. nama Afida ini ada dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 78 yang memiliki arti jika Tuhan mengeluarkan manusia dari dalam perut ibunya dalam keadaan tidak tahu apa-apa kemudian ibu memberikan kamu pendengaran penglihatan dan hati nurani agar kamu bersyukur. Sehingga Afida memiliki artian hati nurani. Dengan begitu ia memiliki arti bahwa perempuan yang memiliki hati nurani yang baik.

  1. Muhita

Nama ini memang unik dan jarang sekali orang tua yang menggunakan. Kata muhita ini ada dalam Al-Qur’an surat Al-Ankabut ayat 54 yang memiliki artian sadar atau taubat yaitu jika berbuat dosa maka segeralah bertaubat. Jadi arti dari muhita yaitu sadar dan taubat. Sehingga ketika anda memberi nama anak ini maka anak anda bisa menjadi anak yang sadar akan kesalahannya.

Demikian beberapa nama anak perempuan dalam Al-Qur’an yang bisa anda berikan kepada anak perempuan tercinta anda. karena dengan memberinya nama yang indah maka anak anda akan menjadi seperti nama yang anda berikan. Namun meskipun namanya bagus dan memiliki arti yang dalam sekali ketika anak tidak diajari kebaikan maka anak tetap akan menjadi anak yang seperti yang anda ajarkan. Untuk itu memberi nama yang bagus dan mendidik anak juga merupakan hal yang harus anda lakukan agar anda anak menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Selanjutnya yaitu nama yang memiliki artian bahagia dan jarang digunakan oleh orang lain dan nama tersebut merupakan nama anak perempuan dalam Al-Qur’an. Berikut ini ulasan nama dan maknanya juga.

www.pexels.com

Nama Anak Perempuan Yang Memiliki Arti Bahagia

  1. Nazra

Nama ini ada dalam Al-Qur’an surat Al-Insan ayat 11 yang memiliki arti maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan wajah dan kegembiraan. Sehingga nazra memiliki arti kebahagiaan. Ketika nama itu anda berikan kepada anak anda maka anda seperti mendoakan kepada anak perempuan anda untuk berbahagia selalu. Nama ini pula jarang sekali digunakan di Indonesia jadi nama anak tidak pasaran dan banyak yang menyamai. Tentunya akan unik.

  1. Marhama

Memiliki anak yang bersifat penyanyang baik kepada kedua orang tua, keluarga maupun kepada kawan-kawannya memang yang diinginkan oleh kebanyakan orang tua. Untuk itu anda bisa memberikannya nama anak perempuan dalam Al-Qur’an yang memiliki arti luar biasa ini yaitu marhama. Kata marhama ada dalam Al-Qur’an dalam surat Al-Balad yang memiliki makna kasih sayang. Sehingga nama ini akan sangat cocok anda berikan kepada anak perempuan anda agar menjadi anak yang penuh dengan kasih sayang.

  1. Salwa

Untuk nama salwa ini memang sudah banyak yang menggunakan karena arytinya memiliki arti yang bagus untuk anak perempuan yaitu menjadi anak gadis yang selaku bahagia. Nama ini ada dalam Al-Qur’an dalam surat Taha ayat 80 yang memiliki artian kebahagiaan. Sedangkan dalam bahasa jawa ia memiliki arti sebuah madu.

Demikian ulasan menganai nama-nama anak perempuan dalam Al-Qur’an yang bisa anda berikan kepada anak kesayangan anda. tentunya nama adalah doa’, jadi berilah nama pada anak anda dengan nama yang bagus-bagus dan memiliki arti yang bagus agar menjadi anak seperti nama yang anda berikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang emncari referansi untuk memberikan calon anak perempuan anda. dan semoga salah satu nama tersebut menjadi nama yang bakal anda berikan kepada anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *