Islam

Rehat Sejenak Dengan Wisata Jalur Gaza Yang Menyenangkan

Mendengar ‘jalur gaza’ mungkin yang ada di pikiran kebanyakan orang adalah tentang rusuhnya wilayah tersebut karena masih banyaknya serangan yang terjadi akibat konflik antara palestina dan Israel. Tentu saja hal ini membuat siapa saja berfikir bahwa di sana sama sekali tidak terdapat tempat hiburan untuk sejenak melepas beban. Namun pada kenyataannya sangatlah berbeda. Tahukah anda bahwa di jalur gaza juga terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk sejenak melepas penat? Anda bisa simak beberapa ulasan mengenai beberapa tempat wisata yang ada di jalur gaza ini.

Beberapa Tempat Wisata Di Wilayah Gaza

Di tengah kekhawatiran warga yang ada di wilayah konflik antara palestina dan Israel, ternyata warga yang hidup di sana masih bisa menghirup udara segar dan hidup dengan normal seperti halnya di Negara lainnya. Mereka semua juga masih bisa menikmati indahnya suasana alam yang tercatat sebagai tempat wisata di wilayah tersebut. beberapa tempat wisata yang ada di wilayah tersebut akan di sebutkan di bawah ini :

pexels.com
  1. Pantai Gaza. Sama halnya dengan Negara lainnya yang juga memiliki wisata pantai, di sini anda juga akan disuguhkan dengan indahnya pesona pantai yang menyejukkan siapa saja yang datang dan memandang luasnya lautan. Mungkin jika dibandingkan dengan suasana pantai kuta yang ada di Bali, pantai ini sangatlah berbanding jauh. Namun tetap saja pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang nyaman yang dapat dirasakan oleh sebagian besar orang yang berada di sana. Dengan suasana angin yang bersemilir di sepanjang pantai dijamin dapat membuat siapa saja yang berada di sana merasa lebih tenang.
  2. Tour Aqsa. Mendengar kata ‘Aqsa’ mungkin sudah tak asing lagi di telinga anda semua. Masjid yang dikenal sebagai salah satu masjid bersejarah dalam agama islam ini tepatnya berada di kota yerussalem lama. Meskipun masjid yang satu ini sudah berdiri sejak sebelum masehi namun sampai saat ini masjid dengan kubah berwarna emasnya ini tetap menjadi tempat atau wisata religi yang mengagumkan. Hal ini juga karena sudah ada beberapa perubahan bangunan dari masa ke masa. Banyak dari turis yang berdatangan ke wilayah yerussalem hanya untuk mengambil gambar dengan background keindahan masjid Aqsa. Bagi anda yang beragama islam, sudah pasti tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda kunjungi.
  3. Sauna Hammam. Tak disangka, di tempat seperti Palestina ini ternyata terdapat tempat sauna yang nyaman. Tempat sauna di Palestina ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hingga saat ini masih banyak baik dari warga Palestina sendiri maupun warga turis yang datang untuk sejenak merilekskan otot-ototnya dengan berkunjung ke sauna Hammam dan menikmati wisata air hangat di dalamnya. Mungkin tidak banyak yang tahu akan tempat ini. Namun perlu anda tahu bahwa ada banyak pria Palestina yang menghabiskan waktu liburannya untuk berkunjung ke sauna Hammam.
  4. Gua Qumran. Di Palestina ternyata ada sebuah gua yang dikenal dengan nama Qumran. Gua ini memiliki sejarah religi yang cukup mengesankan. Gua ini merupakan tempat pertama kalinya ditemukan naskah kuno di jaman romawi. Wisata gua Qumran ini memang hanya berupa perbukitan dan gua yang panas serta gersang namun ada hal yang masih menjadi daya tarik dari tempat ini yakni karena adanya pemandangan laut mati yang luar biasa indah. Gua Qumran memang terletak tepat di dekat laut mati. Sehingga saat anda tengah menikmati wisata gua Qumran anda pun sekaligus bisa menikmati pemandangan laut mati yang menyegarkan mata.
  5. Bukit sultan. Bukit sultan yang ada di Palestina ini tepatnya berada di sebuah kota yang dikenal dengan sebutan Jericho. Kota ini juga dikenal sebagai kota yang memiliki usia tertua di dunia. Oleh karenanya tak heran jika saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini anda akan menemukan ada banyak sekali bangunan tua dan reruntuhan di sana sini. namun anda masih bisa menemukan sumber mata air di tempat ini. Tempat wisata ini biasanyan menjadi tujuan wisata bagi wisatawan religi untuk agama Islam dan Nasrani.
  6. Pasar Hebron. Tak lengkap rasanya jika anda pergi berwisata tanpa membeli oleh-oleh atau barang khas asal tempat wisata tersebut. di Palestina anda akan menemukan pasar tempat dijualnya beraneka ragam barang unik dan khas Palestina. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang berada di tepi Barat wilayah Palestina dan tepatnya berada di kota Hebron sehingga nama pasar ini dikenal dengan nama pasar hebron. Tidak hanya pernak pernik atau barang unik, di sini anda juga bisa membeli beragam makanan atau jajanan pinggir jalan yang khas dengan Palestina. Karena merupakan pasar tradisional maka sudah pasti harga yang dipatok juga kemungkinan besar lebih murah dari harga barang di pasar modern yang lebih besar dan mewah.
  7. Bukit Zaitun. Bagi anda yang ingin melihat indahnya pesona tumbuhan zaitun yang banyak maka anda bisa pergi berkunjung ke bukit zaitun yang ada di kota Yerussalem Palestina yang tepatnya ada di bagian timur kota ini. Sama halnya dengan bukit lainnya, bukit zaitun ini juga memiliki puncaknya yang tinggi menjulang. Puncaknya sering dikenal dengan sebutan at-tur. Ketinggian dari puncak kebun zaitun ini diperkirakan mencapai 818 mdpl (meter di atas permukaan laut). Anda akan disuguhkan pemandangan bukit hijau yang luas dan dipenuhi dengan banyaknya pohoh zaitun.

Dengan beragam pilihan tempat wisata yang ada tersebut maka anda bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin pergi melakukan perjalan wisata ke wilayah Palestina tersebut.

pexels.com

Info Wisata Ke Palestina Yang Perlu Anda Tahu

Disamping mengetahui apa saja tempat wisata religi yang bisa ditemukan di jalur Gaza, ada hal yang juga tak kalah penting untuk menambah pengetahuan atau wawasan anda sebelum akhirnya anda memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata ke wilayah Palestina tersebut. beberapa informasi yang bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut :

  1. Akan ada bangunan dinding pemisah yang menjadi tanda pemisah wilayah antara Israel dan palestina. Tepatnya saat anda melakukan perjalanan wisata di Yerussalem Timur. Biasanya orang yang berkunjung ke Batlehem juga akan melihat dinding pemisah ini. Adanya dinding pemisah yang dibangun oleh kaum Israel adalah dengan tujuan untuk mencegah orang Palestina agar tidak bergerak bebas dengan batasan tepi barat dan wilayah kepunyaan Israel tersebut. untuk gambaran dari dinding pemisah ini, anda akan melilhat dinding ini dengan ketinggian berkisar 8 meter dan sangat kuat bangunannya dikarenakan pembuatannya memakai bahan beton.
  2. Adanya syndrome Yerussalem. Mengingat Yerussalem merupakan salah satu kota penuh religi di wilayah Palestina ini maka anda perlu tahu bahwa ada banyak wisatawan yang biasanya berkunjung ke sana mengalami sebuah syndrome. Syndrome ini dikenal dengan syndrome Yerussalem. Wisatawan yang terkena syndrome ini biasanya akan mengalami perilaku keagamaan yang berlebihan. Seperti salah satu contohnya adalah mereka akan berpakaian serba putih dan tak jarang pakaian putih tersebut merupakan sprei hotel yang berwarna putih lantas dikenakan sebagai pakaian. Selain itu, wisatawan yang terkena syndrome ini juga biasanya akan menunjukkan gejala agitasi dengan durasi waktu yang lama. Namun anda tak perlu khawatir karena tidak semua wisatawan yang datang ke sana akan mengalami syndrome tersebut. apalagi kebanyakan dari penderita syndrome tersebut dapat pulih dengan mudah.
  3. Adanya kota dengan tingkat liberal yang tinggi. Tak lain dan tak bukan kota yang dimaksudkan adalah kota Tel Aviv. Di sini anda akan melihat nuansa kota yang penuh dengan keglamouran dan hura-hura lebih tepatnya. Di sini merupakan kota dengan tingkat liberal yang tinggi. Kota ini sangat bebas dan tidak menjadikan nilai-nilai agama sebagai hal yang penting dalam hidup. Oleh karenanya tak heran jika gaya hidup yang dilakukan adalah sangat bebas.
  4. Identitas yang serba rumit. Seperti yang kita semua tahu bahwa konflik antara Palestina dan Israel hingga kini masih belum berakhir, selain karena urusan agama, ternyata salah satu pemicu kuat adanya konflik dari kedua kubu ini adalah masalah politik. Orang Israel memang dikenal memiliki sebutan sebagai orang yahudi. Hal ini menjadi factor munculnya aturan baru yakni bagi siapapun anda yang berkunjung ke sana dengan menyandang agama yahudi baik itu berdasarkan keturunan maupun konversi maka anda akan bisa mendapatkan hak kewarganegaraan Israel dengan bebas. Dengan begitu anda bisa mendapatkan segala fasilitas dan manfaat yang akan diberikan oleh Negara Israel itu sendiri.
  5. Saat memutuskan untuk pergi berwisata ke Palestina yang juga secara langsung berdekatan dengan Israel maka anda perlu tahu bahwa wilayah ini dikelilingi oleh tiga pantai sekaligus. Pantai pertama yakni laut merah. Tentu anda sudah pernah mendengar nama laut ini bukan? Selain laut merah, laut kedua yang mengelilingi wilayah ini adalah laut Dan laut terakhir yang mengelilinginya adalah laut mati.
  6. Banyak wisata bergurun. Wisata gurun yang ada di Israel ini seringkali disebut dengan nama negev. Negara Israel memang sebagian besar dikelilingi dengan wilayah bergurun sehinggan tak heran jika para wisatawan yang suka dengan suasana gurun pasti akan disuguhkan dengan wilayah wisata gurun yang luas.
  7. Adanya jalanan pedesaan yang super fantastiis. Selain dikelilingi dengan suasana wilayah bergurun dan lautan, ternyata di jalur wilayah Negara ini juga ada jalanan seperti pedesaan yang amat fantastis dan menakjubkan.

Dari beberapa info di atas anda bisa belajar beberapa hal terkait wilayah yang ada di jalur Israel dan Palestina sehingga anda bisa semakin yakin untuk memutuskan melakukan perjalanan wisata di Negara tersebut.

pexels.com

Keuntungan Berwisata Religi Ke Palestina

Bagi sebagian besar orang, menentukan tujuan wisata yang akan dikunjungi merupakan hal yang penting. Hal ini karena memang sumber kesenangan yang merupakan tujuan dari wisata tersebut ada dari tempat wisata yang dituju itu sendiri. Perjalanan wisata tidak melulu tentang belanja, melihat suasana alam dan sejenisnya. Ada kalanya seseorang membutuhkan perjalanan religi yang selain sangat membantu dalam hal psikologis juga akan membuat seseorang tersebut menjadi lebih tentram jiwanya karena perjalanan religi tersebut. Palestina menjadi salah satu tempat wisata yang akan sangat membantu bagi anda yang mencari tujuan wisata religi terbaik. Palestina menawarkan beraneka ragam tempat tujuan wisata yang bisa dikunjungi siapa saja. Beberapa tempat wisata mungkin sudah disebut dalam pembahasan di atas. Dari kegiatan berwisata di beberapa tempat wisata yang ada tersebut maka akan dapat diambil banyak keuntungan dan manfaat dari perjalanan religi tersebut. diantara beberapa manfaat dan keuntungan yang dapat diambil adalah seperti :

  1. Terdapat pelajaran renungan agama yang mendalam dari beberapa wisata religi yang ada. Seperti misalnya pada masjid al-aqsa. Dari bangunan yang bernuansa indah dan memiliki cerita sejarah yang luar biasa maka siapa saja orang muslim yang kesana sudah pasti ingin melakukan ibadah di sana dengan khusyuk.
  2. Dari wisata bangunan kuno yang ada di sana dapat menjadi pelajaran bagi semua orang yang hidup di jaman sekarang karena tanpa adanya sejarah tersebut maka kehidupan saat ini tidak akan bisa menjadi sebaik sekarang.
  3. Secara tidak langsung dengan melakukan perjalanan religi di sana akan menambah wawasan keagamaan dan utamanya mengenai sejarah agama Islam. Beberapa wisata religi tersebut juga akan dapat membangkitkan jiwa keagamaan menjadi lebih baik lagi.
  4. Suasana di sekitar wilayah Palestina yang terkadang masih rawan akan serangan dadakan dari kaum Israel membuat siapa saja yang datang ke sana akan turut bersimpati dan berempati serta akan merasa bersyukur karena selama ini masih bisa hidup dengan aman dan tentram tidak seperti warga Palestina itu sendiri.
  5. Bagi orang yang sekaligus ingin berlibur ke Israel dan secara kebetulan memiliki identitas agama Yahudi maka ia akan mendapatkan keuntungan dengan bisa menikmati fasilitas dan manfaat lainnya yang telah disediakan Negara tersebut untuk kaum yahudi tersebut.
  6. Akan menjadi perjalanan yang menakjubkan bagi siapa saja yang menyukai tempat wisata pantai atau lautan. Hal ini karena di sekitar wilayah Palestina memang ada banyak lautan dengan nilai sejarah yang melekat dari setiap lautan tersebut. seperti laut merah, laut mati, dan laut mediterania.
pexels.com

Saat melakukan perjalanan wisata di wilayah tersebut kemungkinan besar anda akan sedikit merasa bingung saat anda memakai jasa guide atau pemandu wisata. Pada umumnya saat anda melakukan perjalan wisata dengan menyewa guide maka guide yang ada hanya satu untuk banyak tujuan wisata. Hal ini akan sangat berbeda jika anda melakukan perjalanan di wilayah Negara Palestina. Bagaimana tidak, di beberapa tempat anda akan mengalami pergantian guide. Hal ini berlaku untuk siapa saja yang berkunjung dari wilayah otoritas Israel dan juga untuk wilayah otoritas Palestina. Setiap anda yang berwisata ke wilayah Negara Palestina kemungkinan besar sudah pasti akan melintasi wilayah Negara Israel. Sehingga anda tidak perlu heran jika saat berkunjung ke beberapa tempat wisata anda akan dipandu oleh guide yang berbeda.

Pihak Israel dan Palestina sudah barang tentu menyipkan setiap pemandu wisata yang berbeda-beda tersebut yang dikhususkan untuk melayani anda yang akan berlibur ke sana. Memang akan sedikit membingungkan. Namun hal tersebut sudah menjadi aturan tetap dan aturan lama yang harus dan wajib dipatuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *