Bisnis

Macam-Macam Produk Digital yang Dapat Dijadikan Sebagai Inovasi Bisnis Menjanjikan di Masa Depan

Memiliki sebuah bisnis yang sukses merupakan impian bagi setiap orang yang memiliki akal sehat. Semua orang pasti memiliki ambisi, baik itu besar ataupun kecil, untuk mendirikan sebuah usaha bisnis. Hal ini dikarenakan bisnis dinilai dapat memberikan kebebasan bagi pemiliknya saat menjalankan pekerjaan. Mereka yang memiliki bisnis atau usaha, tentu saja tidak akan terikat dengan tuntutan dan paksaan dari pihak lain. Di samping itu, bisnis yang dikelola dengan baik pastinya akan menjadi asset berharga yang sangat menguntungkan.

Namun, merintis sebuah bisnis bukan merupakan perkara yang mudah. Seseorang yang ingin memulai sebuah bisnis harus mempersiapkan segala hal secara matang mulai dari jenis usaha apa yang akan dijalankan, siapa yang dipekerjakan, siapa yang dijadikan sasaran, bagaimana metodenya, hingga berapa biaya yang dibutuhkan. Dalam hal ini, biaya merupakan faktor yang sering kali dianggap menjadi kendala utama dalam usaha pendirian bisnis.

Perlu diketahui, sebenarnya biaya bukan merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Adapun hal yang dinilai menjadi faktor utama kesuksesan sebuah bisnis ialah pemilihan jenis bisnis yang akan dijalankan. Jika bisnis hanya bersifat meniru, pastinya umur dari bisnis tersebut tidak akan bertahan lama. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih jenis bisnis dengan memperhatikan prospeknya di masa datang.

Terkait dengan hal tersebut, tidak dapat pungkiri bahwasannya saat ini masyarakat dunia tengah dihadapkan dengan kemunculan era revolusi yang baru yakni revolusi industri 4.0. Adanya revolusi tersebut berdampak pada seluruh bidang, termasuk bidang bisnis, yang menjadi serba digital. Tuntutan zaman yang seperti demikian membuat berbagai pihak memunculkan inovasi bisnis baru dengan menjajakan macam-macam produk digital sebagai produk dalam bisnisnya seperti produk convert pulsa. Jika kedepannya Anda berniat untuk mendirikan sebuah bisnis, maka rasanya bisnis produk digital adalah pilihan bisnis yang tepat.

www.pexels.com

Produk digital merupakan sebuah produk yang tidak memiliki wujud secara fisik dan tidak dapat disentuh secara langsung, tetapi diperjualbelikan secara online melalui jaringan internet. Semua proses tata niaga mulai dari penjualan, transaksi pembayaran, pengiriman barang, hingga penggunaannya dilakukan secara digital. Penggunaan produk digital sendiri dinilai sangat efisien dan praktis dibandingkan dengan produk-produk yang memiliki wujud fisik. Lantas apa sajakah produk digital yang diprediksi akan menjadi sebuah bisnis menjanjikan di masa datang?? Berikut kami sajikan ulasan mengenai produk-produk digital yang umumnya dijual oleh beberapa oknum.

Macam-Macam Produk Digital yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa jenis produk digital yang saat ini banyak diincar oleh masyarakat karena sudah menjadi kebutuhan utama. Beberapa produk digital yang dimaksud diantaranya adalah:

  1. Aplikasi atau Software

Salah satu produk digital yang banyak diburu oleh masyarakat ialah aplikasi atau software (perangkat lunak). Semenjak kemunculan smart phone atau ponsel pintar, aplikasi menjadi produk digital yang semakin populer di kalangan masyarakat, khususnya generasi millennial. Bagi Anda yang merupakan pengguna smart phone, tentu saja Anda tau bagaimana cara mendapatkan aplikasi tersebut. Untuk ponsel pintar dengan sistem operasi Android, aplikasi bisa didapatkan dengan cara mengunduhnya di Google Play Store. Sementara itu, aplikasi untuk ponsel iPhone akan tersedia dalam App Store. Jenis aplikasi yang disediakan di dunia maya sendiri ada dua, yakni aplikasi yang bisa diunduh secara gratis dan aplikasi yang berbayar. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis penjualan aplikasi, maka sebaiknya Anda menciptakan aplikasi yang saat ini banyak dicari oleh masyarakat.

Dewasa ini, aplikasi yang paling banyak diincar oleh masyarakat adalah aplikasi bertajuk game, baik yang gratis maupun berbayar. Sekalipun berbayar, mereka akan rela mengeluarkan uang demi membayar game digital yang di inginkannya. Yang paling penting adalah menarik atau tidaknya game tersebut. Oleh karena itu, jika Anda merasa alhi dalam cipta-menciptakan aplikasi, bisnis produk digital yang satu ini adalah salah satu jenis bisnis yang tepat bagi Anda. Selain melalui orang yang membelinya, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang dimunculkan dalam aplikasi Anda.

www.pexels.com
  1. Video

Macam-macam produk digital yang juga tak kalah dicari banyak orang adalah video. Produk digital yang satu ini berwujud audio visual yang dikemas dengan semenarik mungkin. Pada umumnya, video diperdagangkan secara digital dengan cara berlangganan ataupun dalam wujud unduhan. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa situs berbagi video yang sangat fenomenal adalah Youtube. Adapun jenis video yang banyak diburu oleh khalayak ialah video tutorial. Video ini akan menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh seseorang ketika ingin melakukan kegiatan tertentu. Mungkin Anda sendiri juga sering melihat video-video tutorial di Youtube saat Anda hendak melakukan pekerjaan seperti memasak, membuat kerajinan, hingga memperbaiki sebuah alat. Maka dari itu, bisnis produk digital video juga masuk dalam daftar bisnis yang sangat menjanjikan di masa depan. Lantas dari manakah pendapatan Anda berasal??

Selain berasal dari penjualan pribadi, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang berasal dari iklan yang mengendorse Anda. Namun, tak hanya sampai disini. Jika jumlah viewer Anda mencapai batasan yang telah ditentukan oleh pihak Youtube, maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari pihak Youtube. Biasanya, penghasilan Anda berbentuk uang virtual dengan mata uang dollar.

  1. Buku Elektronik (E-Book)

Dampak revolusi industri 4.0 tentu saja membawa pengaruh yang besar bagi dunia pendidikan. Jika beberpa lalu jenis buku yang ada hanyalah buku cetak bebbahan kertas, maka lain halnya dengan saat ini. Jenis buku yang digunakan saat ini ada dua jenis yakni buku cetak dan buku elektronik. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telam membuat kurikulum pendidikan yang baru yakni menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku digital atau yang sering disebut dengan istilah E-book. Jika saat ini Anda sedang menempuh pendidikan, pastinya Anda tidak asing dengan keberadaan E-book.

Buku digital dinilai lebih efektif dan sangat mudah dibawa kemana-mana karena bisa disimpan dalam smart phone. oleh sebab itu,tak heran banyak pelajar yang lebih menyukai buku digital dibandingkan dengan buku cetak. Adapun salah satu aplikasi penyedia buku elektronik yang mendunia ialah Amazon Kindle dan Google Play Book. Bagi Anda yang berminat menjalankan usaha ini, maka Anda bisa menggandeng aplikasi tersebut sebagai media penjualan Anda.

  1. Musik

Selain ketiga produk digital yang telah disebutkan di atas, macam-macam produk digital lain yang juga dapat dijadikan sebagai bisnis andalan adalah musik. Biasanya, musik yang legal akan disediakan dalam sebuah aplikasi penyedianya seperti itunes. Jika Anda adalah seorang musisi, maka jenis bisnis ini sangatlah cocok bagi Anda.

  1. Grafis

Grafis merupakan produk digital yang paling mudah untuk dibuat dibandingkan dengan produk lainnya. Anda cukup membuat desain-desain tertentu seperti banner, poster, karikatur, vector, dan sebagainya sesuai degan pesanan tertentu. Pada dasarnya, yang dijual disini adalah jasa Anda dalam membuat desain tersebut. Jika melihat realitanya sekarang, bisnis yang satu ini dapat digolongkan sebagai bisnis yang sangat menguntungkan.

Nah, itulah lima macam produk digital yang dinilai dapat menjadi inovasi bisnis menjanjikan di masa datang. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa produk digital banyak diburu masyarakat lantaran berbagai kelebihannya. Adapun kelebihan-kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

www.pexels.com

3 Kelebihan Memiliki Macam-Macam Produk Digital

  1. Praktis dan Mudah Dibawa Kemana-Mana

Seperti yang diketahui bahwa produk digital tidak memiliki wujud secara fisik. Oleh sebab itu, jenis produk ini bisa bibawa kemana-mana dengan mudah melalui ponsel pintar milik Anda.

  1. Tidak Memakan Banyak Tempat

Karena sifatnya yang fleksibel dan bisa disimpan didalam ponsel, tentu saja produk digital tidak memerlukan tempat yang berlebih. Sebagai contohnya adalah produk digital berupa buku. Jika buku cetak harus disimpan dalam sebuah rak dan memakan banyak tempat, maka beda halnya dengan buku digital. Buku digital tidak perlu disimpan di rak buku.

  1. Mudah Dipahami

Macam-macam produk digital memang sangatlah banyak. beberapa produk digital banyak dipilih masyarakat karena sifatnya yang mudah dipahami. Dalam hal ini, video adalah jenis produk digital yang memenuhi sifat tersebut.

Selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan, masih banyak lagi kelebihan lain ketika memiliki produk digital. Selain bagi konsumen, produk digital juga memberikan keuntungan yang luar biasa bagi pihak yang memproduksi atau yang memiliki bisnis produk digital. Lalu apa saja keuntutungan memiliki bisnis produk digital?? Inilah Jawabannya.

www.pexels.com

Keuntungan Memiliki Bisnis Macam-Macam Produk Digital

  1. Hanya Melalui Sekali Proses Pembuatan

Produk digital cukup dibuat sekali saja, pasalnya tidak berbentuk fisik. Dalam hal ini, sebanyak apapun Anda berhasil menggaet konsumen untuk mengonsumsi produk Anda, produk tersebut cukup diproduksi sekali saja.

  1. Modal Terjangkau

Di bagian atas sempat disinggung bahwa modal merupakan faktor krusial yang selalu dipertimbangkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk mendirikan bisnis produk berwujud, maka bisnis produk digital adalah solusi yang tepat. Anda cukup mengeluarkan modal dalam sekali pembuatan saja. setelah itu, Anda bebas menjualnya secara bertubi-tubi tanpa mengeluarkan biaya apapun. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan Anda.

  1. Jadwal Kerja Sangat Feksibel

Menjual macam-macam produk digital seperti jasa backlink memang tidak diharuskan untuk memiliki kantor atau lokasi penjualan yang resmi. Maka dari itu, Anda tidak akan terikat dengan jadwal kerja lantaran Anda bisa mengaturnya sendiri.

  1. Memiliki Jaringan Pemasaran yang Luas

Tidak hanya di dalam negeri saja, sarana pemasaran yang dilakukan secara online memungkinkan produk Anda bisa menjangkau pasaran internasional. Di samping itu, menjual produk digital tidak memerlukan ongkos pengiriman ataupun pembatasan pengiriman. Dengan demikain, Anda semakin dimudahkan dalam usaha pemasaran produk yang Anda jual.

www.pexels.com

Demikianlah berbagai keuntungan yang ditawarkan dalam menjalankan bisnis produk digital. Mengingat perkembangan zaman yang semakin hari semakin canggih, tentu saja berbagai macam produk digital makin banyak digemari oleh masyarakat. Namun, Anda harus membuat perencanaan yang benar-benar matang agar nantinya usaha Anda bisa berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Anda harus menyiapkan berbagai macam strategi, mulai dari strategi produksi hingga strategi pemasaran yang akan Anda gunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *