Bisnis

Kanopi Galvalum: Manfaat dan Kelebihannya bagi Desain Rumah

Unsur dekoratif yang menunjang desain rumah ialah kanopi. Kanopi berfungsi untuk melindungi bagian rumah atau bangunan lain dari paparan sinar matahari ataupun air hujan. Tidak hanya diaplikasikan di bagian teras saja, namun sekarang ini kanopi diaplikasikan di balkon, gerai rumah, hingga perkantoran.

 

Kanopi merupakan istilah yang sering digunakan dalam bidang bangunan. Kanopi rumah ialah rangka dan atap yang biasanya dipasang di beranda depan rumah atau bangunan. Kanopi mempunyai beragam manfaat yang bisa didapatkan.

 

Kanopi bisa digunakan untuk garasi kendaraan. Bagi Anda yang mempunyai mobil ataupun motor dan belum memiliki garasi, maka Anda bisa memanfaatkan kanopi. selain itu, cat dinding teras juga bisa dilindungi dengan adanya kanopi agar mengurangi penyinaran langsung ke dinding.

 

Kanopi juga bisa menyejukkan teras. Biasanya teras merupakan tempat paling cocok untuk berkumpul dan bermain bersama keluarga. Selain terasnya sejuk, kanopi juga mencegah air hujan agar tidak masuk ke dalam.

http://unsplash.com

Rekomendasi Kanopi Terbaik

 

Seiring dengan banyaknya jenis kanopi tentu akan membuat bingung bagi sebagian orang yang akan menggunakan kanopi untuk pembuatan rumah atau kantornya. Salah satu jenis kanopi yang banyak direkomendasikan ialah kanopi galvalum.

 

Kanopi galvalum tergolong lebih awet dan tahan lama. Kanopi jenis galvalum terkenal tahan terhadap karat, rayap, atau perubahan cuaca dan kelembapan. Penggunaan galvalum yang relatif lebih lama akan ini akan membuat lebih hemat.

 

Penggunaan kanopi jenis galvalum ini juga sangat cocok untuk daerah yang lembap ataupun daerah dengan curah hujan yang tinggi. Kanopi jenis tersebut juga jauh lebih murah jika dibandingkan kanopi jenis lain, mislanya besi hollow, kayu, atau baja berat.

 

Kanopi jenis galvalum mengutamakan struktur plat buhul pada setiap tumpuan sendi. Struktur yang biasanya digunakan pada jembatan ini membuat galvalum lebih stabil dan kokoh terhadap puntir, pemuaian, ataupun tekuk ketimbang kuda baja lainnya.

http://unsplash.com

Berbicara mengenai keamanan kanopi jenis galvalum ini tidak diragukan lagi, sebab sebaran api pada kanopi jenis galvalum tidak akan merambat karena dalam baja ringan terdapat sifat proteksi khusus (fire resistant). Kanopi ini jauh lebih aman daripada kayu karena tidak akan menyebarkan api.

 

Biasanya kanopi-kanopi pada umumnya hanya akan mendukung beberapa jenis genteng saja. Namun, untuk kanopi jenis galvalum ini dapat menopang banyak jenis genteng. Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan genteng keramik, beton berat, genteng metal dapat menggunakan kanopi jenis galvalum tersebut.

 

Kanopi jenis galvalum juga tersedia dalam berbagai jenis kuda-kuda. Anda dapat memilih bentang kuda-kuda berukuran 6-8 meter untuk bentang kecil, 8-10 meter untuk bentang menengah, dan 10-12 meter untuk bentang besar. Untuk kuda-kuda baja ringan, Anda dapat menggunakan bentang khusus lebih dari 12 meter.

 

Kanopi jenis galvalum ini juga tersedia dalam berbagai jenis material yang disesuaikan dengan kebutuhan. Material yang umum di pasaran di antaranya adalah galvanized, zincalume, atau galvalume. Sehingga bagi Anda yang akan menggunakan kanopi jenis ini dapat Anda sesuaikan sendiri.

 

Berbagai model kanopi jenis galvalum ini juga cukup bervariasi. model-model tersebut dijual dengan rentang harga yang berbeda tergantung detail dekorasi tiang, ukuran dan penggunaan material atap. Bagi Anda yang berencana ingin mendekorasi rumah, maka Anda dapat memilih kanopi jenis ini.

http://unsplash.com

Sekarang ini banyak jasa desain rumah yang menawarkan kanopi jenis galvalum untuk memperindah rumah Anda. Selain untuk memperindah, kanopi tentu sangat bermanfaat untuk melindungi rumah Anda, misalnya mobil dan sepeda motor akan terlindungi.

 

Jenis-jenis kanopi memang sudah sewajarnya diketahui sebelum memilih kanopi. Hal itu agar kanopi yang akan digunakan nantinya lebih pas dan sesuai. Seperti kanopi jenis galvalum ini misalnya juga mempunyai pengaruh tersendiri yang mampu memberikan tampilan rumah menjadi lebih cantik.

 

Kanopi cembung biasanya akanmemudahkan air hujan mengalir. Ada pula jenis kanopi yang panjang. Harga kanopinya pun biasanya akan tergantung pada material bahan dan kanopi, warna, atau motif dari kanopi itu sendiri. Sebaiknya Anda memilih kanopi yang senada dengan rumah Anda.

 

Bagi Anda yang kesulitan memadupadankan jenis kanopi, warna, dan motif dengan rumah Anda, maka Anda bisa menyerahkannya pada jasa desain rumah yang saat ini banyak menawarkan jasa-jasanya. Hal itu tentunya akan mempengaruhi hasil akhir dari desain rumah Anda.

Kisaran Harga Kanopi

 

Kanopi dengan rangka atap besi hollow 30×30 mm dengan atap kanopi polly carbonate berkisar pada harga Rp250.000,00 per meter. Kanopi dengan rangka atap besi hollow 30×30 mm dengan atap besi spandek baja ringan berkisar Rp275.000,00 per meter.

 

Kanopi dengan rangka atap besi hollow 40×40 mm beserta atap kanopi polly carbonate atau spandek tebal 0,36 mm berkisar Rp300.000,00 per meter. Adapun kanopi jenis galvalum menggunakan rangka atap besi hollow galvis 40×40 mm dan atap besi spandek baja ringan berkisar Rp400.000,00 per meter.

 

Biasanya harga yang paling mahal rangka atap besi hollow 40×60 mm galvis double rangka, serta berpadu dengan kanopi polly carbonate atau spandek baja ringan bergaransi dihargai sekitar Rp600.000,00 per meter. Anda dapat melihat referensi-referensi harga tersebut sebelum membeli.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *