teknologi

Cara Ampuh Memblokir Iklan Pop Up di Ponsel Pintar Android

Browsing merupakan kegiatan yang saat ini paling sering dilakukan ketika berhadapan dengan perangkat gawai. Khususnya para pengguna ponsel pintar, browsing bukan hanya menjadi alternatif hiburan saja, melainkan untuk memenuhi pekerjaan. Bagi pekerja freelance yang bergelut dengan desain pasti membutuhkan browsing atau berselancar ke internet untuk berkomunikasi melalui email atau sekadar mencari referensi. Sayangnya iklan di Android acap mengganggu.

Menghilangkan Iklan di Ponsel Pintar Android dengan Aplikasi

Menyikapi masalah tersebut, kali ini kami membahas cara menghilangkan iklan di ponsel pintar Android dengan dua cara, dari aplikasi dan perangkat. Di bawah sudah kami rangkum penjelasannya, silakan diperhatikan baik-baik, ya!

AdClear

Cara pertama menghilangkan iklan di ponsel pintar Android mengandalkan aplikasi AdClear. Agar bisa berjalan dengan baik, maka Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui PlayStore. Jika sudah selesai unduh, instal. Fungsi dari aplikasi AdClear ini adalah memblokir berbagai iklan ketika Anda sedang berselancar menggunakan aplikasi lain yang berpotensi muncul banyak iklan.

Ketika Anda sudah memastikan aplikasi AdClear terpasang di ponsel pintar Android, Anda bisa membuka aplikasinya dan aktifkan fitur pemblokiran iklan. Dengan demikian Anda bisa sesuka hati berselancar di internet menggunakan ponsel pintar tanpa gangguan iklan yang muncul sembarangan.

pixabay.com

NotRoot Firewall

Cara kedua yang dapat digunakan untuk menghilangkan iklan adalah dengan menggunakan aplikasi NotRoot Firewall. Metode kedua ini membuat kegiatan jelajah di internet terbebas dari iklan sehingga membuat Anda lebih nyaman. Secara teknis, aplikasi NoRoot Firewall tidak berbeda dengan AdClear, yakni memblokir iklan yang muncul secara sembarangan.

Tidak hanya berguna memblokir iklan ketika sedang berselancar ke internet. Aplikasi ini akan memblokir iklan yang ada di semua aplikasi ponsel pintar Anda. Dengan begitu perangkat Anda terbebas dari iklan. Untuk lebih jelasnya, simak cara menggunakan aplikasi NoRoot Firewall, sebagai berikut.

  • Unduh dan instal aplikasi NoRoot Firewall. Apabila selesai terinstal, Anda harus memilih tab Apps untuk melihat beberapa daftar aplikasi yang terunduh/terinstal di perangkat.
  • Langkah berikutnya adalah menentukan aplikasi yang ingin Anda blokir. Anda hanya perlu memilih nama aplikasi apa yang ingin diblokir iklannya. Caranya pun sangat sederhana, yaitu dengan menandai aplikasi menggunakan dua tanda X. Dengan demikian membuat iklan di aplikasi tersebut tidak akan muncul lagi.
pixabay.com

Membersihkan Iklan Menggunakan Aplikasi Dr. Web Security Space

Cara ketiga ini cukup ampuh untuk Anda gunakan karena bisa menghilangkan iklan pop up menggunakan pemindai anti virus. Tenang, aplikasi Dr. Web Security Space terdapat versi gratis yang bisa Anda unduh di Google PlayStore.

Tiga Cara Memblokir Iklan Pop Up Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

Itulah tiga aplikasi yang bisa membantu mengatasi masalah iklan pop up yang kerap muncul di perangkat ponsel pintar. Sebenarnya tanpa menggunakan aplikasi masalah kehadiran iklan bisa diatasi. Berikut ini sudah kami tuliskan cara memblokir iklan pop up tanpa aplikasi atau langsung dari perangkat.

  1. Menggunakan UC Browser

Hampir semua ponsel pintar terbaru terdapat aplikasi UC Browser yang berguna untuk aktivitas berselancar ke dunia maya. Nah, siapa sangka jika UC Browser dapat digunakan untuk mencegah atau menghapus berbagai iklan di perangkat ponsel pintar.  Berikut ini sudah kami tuliskan langkah-langkahnya.

  • Buka UC Brower. Ketika Anda sudah membukanya, pilih ikon tiga garis yang menyerupai hamburger. Letaknya berada di posisi bawah tengah. Silakan masuk ke menu pengaturan (setting) dan pilih Add-ons.
  • Langkah kedua adalah mengaktifkan Ad Block, kemudian aktifkan Ad Blocker serta Powerful Ad Blocker. Langkah ini berfungsi untuk memblokir berbagai macam iklan supaya tidak muncul ketika Anda berselancar menggunakan UC Browser.
pixabay.com
  1. Menghilangkan Iklan Menggunakan Pengaturan di Google Chrome

Seperti halnya UC Browser, Google Chrome selalu ada di semua perangkat gawai sebagai media utama berselancar ke dunia maya. Supaya Anda terbebas dari iklan ketika sedang mencari referensi di internet, maka ikuti langkah yang sudah kami tuliskan berikut ini.

  • Silakan membuka Google Chrome, pilih Pengaturan (Setting) untuk mengatur supaya browser memblokir berbagai iklan.
  • Langkah berikutnya adalah memilih Site Settings. Sesudah Anda masuk ke menu pengaturan, maka lanjutkan prosedur dengan memilih Site Settings.
  • Terakhir, pilihlah Pop-ups, dan aktifkan menu tersebut supaya Google Chrome memblokir segala jenis iklan yang ada di situs apapun.
  1. Memilih My Apps & Games di Google Play Store

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghapus/memblokir iklan adalah mengunjungi Play Store. Di tab Library silakan urutkan aplikasi sesuai Recent. Nah, Anda harus mengingat-ingat aplikasi apa saja yang baru diunduh/instal. Bisa saja aplikasi tersebut memasukkan adware atau pop up iklan di ponsel pintar Android. Apabila sudah menemukan aplikasinya, silakan hapus (uninstall) supaya iklan pop up ikut hilang juga.

Itu saja penjelasan yang bisa Wakdroid sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan cara-cara di atas membuat iklan di Android Anda tidak muncul kembali. Sekian dan selamat mencoba. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *