furniture

Bentuk dan Tips Memilih Jendela Minimalis

Salah satu hunian popular di zaman modern ini adalah rumah minimalis, keberadaan rumah minimalis banyak dipilih karena lebih simple namun tetap memberikan kesan yang mewah. Rumah minimalis banyak kita jumpai di daerah perkotaan, karena untuk membangun rumah minimalis tidak dibutuhkan lahan yang banyak. Salah satu bagian rumah minimalis yang harus anda perhatikan adalah bagian jendela, walaupun memiliki bentuk yang simple anda tetap harus memilih jendela minimalis yang bagus dan sesuai dengan fungsinya. Semua orang tahu bahwa jendela memiliki fungsi sebagai tempat sirkulasi udara, memudahkan cahaya masuk, dan sebagai salah satu hal yang menentukan kecantikan rumah. Memilih model atau bentukl jendela yang bagus akan membuat rumah anda terlihat cantik.

pexels.com

Bentuk-bentuk Jendela Minimalis

Ada banyak bentuk dan model jendela yang cocok untuk rumah minimalis anda, di antaranya adalah :

  • Model jendela lengkung

Model jendela yang melengkung ini akan membuat rumah anda tampak cantik, bisa ditampilkan di dalam rumah dan cocok juga ditampilkan keluar rumah. Anda bisa menjumpai rumah yang memiliki model lengkung seperti ini di Eropa. Model jendela ini sangat klasik namun elegan dan sangat cocok digunakan pada rumah dengan desain interior yang klasik dan mewah.

  • Jendela Double Hung

Adalah model jendela minimalis yang cukup popular di negeri ini, jendela model ini cukup simple dan praktis karena menggabungkan dua kaca jendela ke dalam satu frame sehingga akan terlihat lebih dinamis. Cara penggunaan jendela ini cukup mudah, yaitu dengan cara digeser ke bawah atau ke atas.  Jendela ini juga bisa diterapkan pada rumah dengan model klasik, dan sangat cocok juga dterapkan pada rumah minimalis.

  • Jendela Transom

Untuk model jenis ini anda bisa membuka daun jendela selebar mungkin, model jendela ini cukup fleksibel dan cocok juga diterapkan di rumah minimalis, juga cukup bagus diletakkan di toilet atau kamar mandi.

  • Jendela Lipat atau Bi-fold

Merupakan jendela lipat yang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah cocok untuk anda yang memelihara hewan peliharaan. Untuk layar lipat yang ada di jendela ini berguna sebagai pemisah ruangan yang ada di dalam satu ruang, atau digunakan sebagai sekat.

  • Jendela Stationary

Jendela minimalis Stationary merupakan yang tidak memiliki bukaan. jendela ini lebih bersifat dekoratif sangat cocok berada di sudut kamar atau ruangan. Dengan memilih jendela ini maka akan terlihat kesan yang elegan, memiliki fungsi untuk mendapatkan penerangan bagi ruangan tersebut. Sering kita jumpai jendela model seperti ini di rumah dengan model kontemporer.

  • Jendela Frosted Window

Merupakan jendela dengan kaca buram yang sering juga anda jumpai dirumah-rumah. Dengan memilih jendela ini maka privasi akan lebih terjaga. Untuk model jenis ini juga sering sekali dijumpai pada model rumah kontemporer. Sering diletakkan di sudut kamar tertentu dan di kamar mandi. Untuk perawatan jendela ini cukup mudah, yaitu dengan cara menggunakan kertas buram dan semprotan khusus.

  • Model jendela geser

Jendela untuk rumah minimalis selanjutnya adalah jendela geser, untuk model jenis satu ini sudah bisa kita temukan di rumah-rumah yang ada di Indonesia. Biasanya jendela jenis ini digeser kearah horizontal.

  • Jendela Stained Glass

Di Indonesia jendela dengan bentuk Stained Glass dikenal juga dengan nama kaca putri. merupakan jendela yang memiliki kaca yang berwarna.

Dan masih banyak lagi model lainnya yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih model-model jendela di atas sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki.

pexels.com

Tips Memillih Model Jendela

Sebelum anda memilih model jendela minimalis yang diinginkan, berikut ini adalah tips memilih model jendela  yang bagus :

  • Tentukan tempat grosir jendela terlebih dahulu

Ada banyak tempat jual jendela yang bisa dipilih, pastikan memilih toko atau tempat jual grosir yang memiliki kualitas yang bagus. Untuk mendapatkan tempat grosir yang bagus anda bisa mendapatkan info dari internet seperti forum online, blog, website atau lainnya. Bisa juga mendapatkan info dari saudara atau teman yang mengetahui tempat grosir.

  • Memperhatikan tata letak ruangan

Jika jenis rumah anda adalah jenis rumah minimalis maka model jendela yang bisa dipilih adalah memilih jendela yang tidak memakan banyak tempat, anda bisa memilih jendela yang memanjang, yang lebih natural sehingga akan lebih indah untuk dipandang.

Selain memilih jendela yang bagus, penting juga bagi anda untuk memilih gorden yang cocok, berikut ini adalah cara memilih gorden untuk jendela minimalis yang tepat :

  • Pilih desain dan gorden

Pilih gorden yang sesuai dengan warna dan interior yang ada di dalam rumah. Anda juga bisa memesan desain yang unik sehingga akan menambah kesan wah ruangan anda, untuk mendapatkan desain yang unik anda harus memesan terlebih dahulu.

  • Menentukan motif

Tentukan motif gorden yang sesuai dengan selera anda, bagi anda yang menyukai karakter yang santai maka warna apa saja bisa masuk untuk gorden anda, dan bagi anda yang memiliki karakter serius maka alangkah baiknya memilih motif gorden yang netral.

  • Pemilihan bahan

Selanjutnya pilih gorden yang menggunakan bahan yang bagus, bahan gorden yang bagus adalah bahan atau kain yang mampu menyerap panas, sehingga panas tidak terlalu masuk ke dalam ruangan.

  • Sesuaikan dengan warna

Selanjutnya anda harus bisa menyesuaikan warna untuk mendapatkan ruangan yang nyaman dan indah untuk dipandang. Warna gorden yang bagus sesuai dengan interior dan juga furniture yang ada di dalam ruangan.

  • servis

Servis sangat dibutuhkan, pastikan anda menemukan tempat cuci gorden yang bagus. Dengan melakukan servis maka anda bisa memelihara gorden dengan baik. Pastikan juga tempat servis tersebut bagus yang tidak akan membuat gorden cepat rusak dan sobek. Sebelum anda membeli dan melakukan servis, jangan lupa juga untuk cek jahitan.

pexels.com

Bagi anda yang tinggal di daerah Malang dan saat ini sedang mencari info seputar Jendela minimalis, maka anda juga harus tahu tempat jual gorden Malang, pastikan membeli di tempat yang bagus sehingga anda tidak akan kecewa. Pastikan juga anda tahu cara merawat gorden agar gorden tidak mudah rusak dan tetap awet sebagai penghias dari jendela. Keberadaan garden dan jendela sama pentingnya untuk rumah anda, pastikan anda membuka tirai dan jendela setiap pagi dan sore hari, hal ini untuk menghindari udara yang lembab masuk ke dalam ruangan. Goden untuk jendela juga bisa dirawat sendiri dengan cara dicuci secara berkala, cara mencuci gorden sangat mudah sekali. Pertama rendam gorden dengan menggunakan air selama 2 jam, selanjutnya bilas kedalam air yang sudah diberi larutan pewangi seperti softener. pastikan anda tidak menggunakan detergen untuk mencuci gorden, karena detergen bisa merusak bahan gorden. Selanjutnya bilas gorden dan jemur tidak langsung di bawah sinar matahari, jika sudah kering maka ambil dan setrika dengan suhu atau temperature yang sesuai dengan bahan kain. Untuk perawatan garden memang cukup sulit karena membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Namun keberadaan garden memiliki fungsi yang sangat besar untuk keindahan rumah anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *