Islam

Fakta-Fakta Menarik Seputar Kemunculan Imam Mahdi yang Harus Anda Ketahui

Percaya akan adanya hari akhir merupakan salah satu rukun iman yang ke lima dalam agama Islam. Terkait dengan hal tersebut, banyak orang termasuk ahli agama yang mengkalim bahwa saat ini kita tengah berada pada penghujung zaman. Hal itu berarti kiamat kubro (besar) akan terjadi sebentar lagi. Tidak ada yang tahu akan hal tersebut dan yang tahu hanyalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagai manusia, kita hanya bisa menabak-nebak berdasarkan apa yang kita ketahui dari hadits dan ayat-ayat suci dalam Al Quran.

Orang-orang Islam yang beriman tentu saja akan mempercayai bahwa suatu saat hari kiamat itu akan datang. Namun, kapanpun datangnya hari kiamat itu, pastikan kita semua sudah siap untuk menyambutnya dengan berbekal iman dan taqwa semasa kita hidup. Oleh sebab itu, sebelum hari itu datang sebaiknya kita segera bertaubat dan senantiasa menjalankan perintah serta menjahui larangan-Nya.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa akhir-akhir ini banyak sekali isu-isu mengenai kedatangan kiamat. Hal tersebut tentu membuat siapapun sangat ketakutan dan berwaspada. Namun, tentu saja kita tidak boleh menelan isu tersebut secara mentah-mentah. Sebelum kita meyakini bahwa informasi tersebut benar, maka kita harus menyelidikinya terlebih dahulu. Dan baru-baru ini, masyarakat dikejutkan dengan isu kemunculan Imam Mahdi.

Ya!! Seseorang yang beragama Islam pastinya tidak akan asing dengan nama tersebut. Sebelum membahas lebih jauh mengenai orang yang dimaksud, maka perlu ditegaskan lagi bahwa kita tidak boleh menelan informasi tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Sebagi contohnya ialah isu kiamat pada tahun 2012 yang lalu. Kala itu, banyak pihak yang histeris dan ketakutan akan datangnya kiamat yang diprediksi akan datang pada akhir tahun 2012. Namun, pada akhirnya hal tersebut hanyalah sebuah fiktif belaka.

Sebenarnya, hal tersebut juga menimbulkan dampak positif yang cukup berpengaruh bagi kehidupan manusia. Adanya isu tersebut menyebabkan banyak orang berlomba-lomba untuk bertaubat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mirisnya, pasca tanggal yang diklaim sebagai hari kiamat telah lewat, penduduk bumi menjadi menyimpang lagi. Sehingga dapat disimpulkan jika mereka hanyalah melakukan taubat abal-abal. Padahal, bukan itu yang dikehendaki oleh Allah. Ia menginingkan umat-Nya agar benar-benar taubat dan kembali di jalan-Nya. Oleh sebab itu, jika berniat untuk bertaubat, maka jangan hanya setengah-setengah.

Terkait dengan isu kemunculan Imam Mahdi, saat ini pun sedang buming orang-orang yang berhijrah ke Jalan-Nya. Dan semoga orang-orang yang bersangkutan benar-benar hijrah dari hatinya, (amin). Lantas benarkan seseorang pemimpin Islam yang menandai akhir zaman tersebut telah muncul?? Untuk mengetahuinya, Anda harus lebih dulu mengetahui tanda-tanda datangnya Imam yang bernama Al Mahdi ini.

pexels.com

Tanda-Tanda Kedatangan Imam Mahdi yang Sesungguhnya

Tak sedikit pula orang-orang yang mengklaim para pemimpinnya atau dirinya sendiri sebagai Al Mahdi. Namun, pada akhirnya mereka adalah Al Mahdi gadungan. Mereka hanya berpedoman pada sebagian cirinya saja, tanpa memperhatikan ciri yang lain. Para ulama memang berpendapat bahwa saat ini Al Mahdi tengah berada di antara kita semua tanpa kita sadari. Namun kembali lagi, semua hal tersebut adalah rahasia-Nya. Dalam hal ini, ada beberapa tanda kedatangan sang imam berdasarkan beberapa dalil-dalil agama Islam. Adapun tanda-tandanya ialah sebagai berikut:

  1. Terjadi Bencana Alam di Mana-Mana

Berdasarkan Hadits Riwayat Ahmad, Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda bahwa Imam Mahdi akan datang di kala bumi telah mengalami kerusakan. Banyak terjadi bencana alam dimana-mana seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan sebagainya secara beruntun. Jika dihubungkan dengan masa sekarang, memang tidak dapat dipungkiri bahwa akhir-akhir ini sering terjadi bencana alam di muka bumi. Tak perlu jauh-jauh, kita bisa melihatnya dengan mata telanjang di Tanah Air.

  1. Terjadi Perselisihan Antar Umat Manusia

Bukan hanya satu hadits saja yang menjelaskan mengenai terjadinya perselisihan antar umat manusia sebagai tanda datangnya Al Madhi dan hari kiamat, melainkan terdapat banyak hadits yang mengatur hal tersebut. HR. Ahmad yang telah diulas di atas ternyata juga menybutkan bahwa Allah akan mengutus Al Mahdi untuk menebarkan kejujuran dan keadilan di kala banyak orang yang bertempur. Hal ini sejalan dengan apa yang diriwayatkan dalam HR. Abu Dawud, kelak akan terjadi penindasan dimana-mana setelah wafatnya seorang pemimpin. Selain itu, berdasarkan Al Fitan, Nuaim Ibn Hammad juga disebutkan bahwa suatu hari nanti di bulan Dzul Qaidah akan terjadi pertarungan antar suku, Jemaah haji akan dijarah, serta akan terjadi pertempuran dasyat di Mina. Ketika itu akan banya orang-orang yang terbunuh dan mengalirkan daranya hingga ke Jamaratul Aqba.

  1. Sungai Eufrat Mengering

Dari hadits riwayat muslim dapat kita ketahui bahwa salah satu tanda terjadinya kiamat ialah mengeringnya Sungai Eufrat.  Berdasarkan bukti nyatanya, saat ini memang sungai yang bermuara di Turki tersebut tengah kehilangan beberapa persen air.

pexels.com
  1. Kemunculan Bintan Berekor

Jika sebuah bintang berekor muncul. dengan diiringi tanda yang lainnya, maka dapat dipastikan kemunculan Imam Mahdi sudah dekat. Hal ini dapat kita ketahui dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Abdullah bin Abu Malikah. Mereka berkata bahwa berdasarkan sabda Rasulullah, bahwa beliau cemas karena orang-orang mengatakan jika bintang berekor sudah terbit.

  1. Munculnya Dajjal

Dajjal juga merupakan tanda besar akan datangnya kiamat. Berdasarkan beberapa riwayat, Dajjal akan lebih dulu muncul dibandingkan dengan Al Mahdi. Dajjal merupakan seorang manusia keturunan Nabi Adam A.S. yang selalu menebarkan fitnah di mana-mana, seluruh penjuru dunia kecuali kota Mekkah dan Madinah yang tidak bisa dimasukinya.

Selain tanda-tanda yang telah disebutkan, sebenarnya masih terdapat banyak tanda lagi seperti kemunculan Nabi Isa A.S, seseorang yang di bai’at secara paksa di depan Ka’bah, islam berada dalam kondisi terasing, dan sebagainya. Untuk mengetahui penjelasan lebih detailnya, langsung saja kunjungi website hidupsimpel dan temukan semua jawabannya disana.

Sesudah membahas tanda-tanda kemunculan Imam Mahdi, pada bagian selanjutnya akan dibahas mengenai ciri-ciri fisik dari Al Mahdi itu sendiri. Jika Anda penasaran, maka simaklah dengan seksama penjelasan berikut ini:

pexels.com

Ciri-Ciri Fisik Al Mahdi yang Tergambarkan Melalui Beberapa Hadits Riwayat

  • Al Mahdi merupakan seseorang berkebangsaan Arab dan merupakan keturunan dari Rasulullah. Ia juga memiliki nama yang sama persis dengan Rasulullah. Sebenarnya, Al Madhi bukanlah sebuah nama, melainkan sebuah gelar.
  • Berdasarkan HR. Abu Dawud dan Al Hakim dijelaskan bahwa Mahdi berasal dari umat Rasulullah dan memiliki kening yang lebar serta hidung yang panjang atau mancung.
  • Imam Mahdi merupakan sosok pemudah gagah yang menegakkan Islam dengan selalu membawa kedamaian dan petunjuk lurus bagi umat manusia di akhir zaman. Selain itu, Al Mahdi merupakan seseorang yang selalu berjuang untuk membangkitkan agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *