Umum

Benarkah Harga Batako Lebih Murah Untuk Pembuatan Bangunan?

Sekarang ini memang cukup banyak sekali bahan bangunan yang bisa digunakan sebagai dinding mulai dari batu bata, batako, atau yang paling baru bata ringan yang sering disebut dengan hebel. Perkembangan aneka ragam pilihan yang ada memang tidak terlepas dari pertumbunhan teknologi di bidang rekayasa teknik sipil yang semakin pesat. Lantas benarkah harga batako memiliki nilai yang lebih murah jika dibandingkan dengan bata merah atau bahan sejenis lainnya.

Untuk menjawab rasa penasaran anda mengenai harga batako yang dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan bahan lainnya maka simaklah uraian berikut ini. Batako sendiri sebenarnya terbagi lagi ke dalam berbagai jenis yaitu mulai dari batako manual, lubang , dan juga press penuh.

Pahami Detail Tentang Batako

Batako umumnya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang kemudian dicetak dalam bentuk padat atau istilahnya di press. Namun ada juga yang terbuat dari bahan campuran batu tras, kapur, dan air. Saat ini yang terbaru adalah batako yang terbuat dari bahan campuran semen, pasir, dan juga batu bara.

Dengan berbagai jenis bahan yang digunakan tersebut maka sudah pasti batako akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kelemahannya adalah daya tahan yang dimiliki batako akan lebih rendah jika dibandingkan dengan bata merah. Dinding yang terbuat dari bahan batako maka akan cenderung lebih mudah mengalami kerusakan berupa keretakan, apalagi jika terdapat bagian kosong yang tidak di isi dengan adukan spesi.

www.pexels.com

Namun batako memiliki kelebihan yang tidak di dapatkan jika menggunakan batu bata yaitu bangunan akan menjadi lebih hangat. Kemudian kelebihan lainnya adalah batako akan memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan bata merah. Selain itu tesktur yang dimiliki juga terlihat lebih harus serta ukurannya akan lebih presisi karena dibuat dengan menggunakan cetakan yang padat.

Untuk secara umum batako dibuat dengan ukuran panjang sekitar 36cm hingga 40 cm dan memiliki ketebalan sekitar 8-10 cm, serta tinggi 18-20 cm. Untuk membuat dinding yang memiliki luas 1 meter persegi maka anda hanya membutuhkan sebanyak 15 buah batako press. Nah inilah yang membuat biaya pembuatan dinding dengan menggunakan batako akan membutuhkan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan batu bata merah.

Selain itu pemilihan batako untuk pembuatan bangunan adalah karena untuk mempercepat proses bangunan serta meminimalkan sisa material pada saat pemasangan dinding. Dan yang paling penting adalah batako akan lebih mudah dipotong ketika akan digunakan sebagai sambungan bagian tertentu.

www.pexels.com

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Meskipun telah disinggung sedikit sebelumnya mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki batako, disini kami akan berikan uraiannya secara lebih detail untuk membantu anda. Oleh karena itu simaklah berikut ini :

  1. Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang akan bisa anda dapatkan ketika memilih batako sebagai bahan pembuatan dinding yaitu batao lebih kedap udara sehingga tidak akan menimbulkan kebocoran pada dinding anda. Kemudian proses pembongkaran bangunan yang terbuat dari abtako juga akan lebih mudah.

  1. Kekurangan

Selain terdapat kelebihan tentu saja ada kekurangan yang dimiliki oleh penggunaan batako diluar yang telah disebutkan sebelumnya. Kekurangannya adalah penggunaan batako akan lebih kurang baik untuk bisa meredam suara bising sehingga suara dari luar yang berisik akan bisa terdengar lebih jelas.

www.pexels.com

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Batako

Meskipun harganya yang cukup murah namun ternyata batako juga memiliki kualitasnya masing-masing dari setiap pabrik yang memproduksi. Jadi untuk memudahkan anda mengetahui tentang kualitas batako maka simaklah faktor-faktornya berikut ini :

  1. Semen

Karena semen adalah yang cukup banyak digunakan sebagai dasar pembuatannya maka kualitas semen merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Semen yang digunakan sebagai bahan pembuatan batako haruslah uang masih baru dan tidak menggumpal agar hasilnya juga bagus.

  1. Perbandingan bahan pembuatan

Untuk bisa menghasilkan batako yang memiliki kualitas baik maka pada saat pembuatan harus diperhatikan tentang perbandingan air dan semen. Perbandinga jumlah ini harus diketahui secara konsisten dan kemampuan kerja adukan juga perlu diperhatikan. Kekuatan batako akan bisa mengalami penurunan jika kedua perbadingan tersebut dirubah seenaknya.

Hal ini dikarenakan oleh penambahan air yang telah diberikan setelah penguapan akan bisa membuat atau menimbulkan kekosongan yang sangat kecil pada batako. Dengan banyaknya rongga kosong tersebut sudah tentu akan membuat batako akan mengalami penurunan kekuatan. Secara lebih praktisnya adalah banyak rongga maka akan lebih mudah retak.

  1. Bahan baku yang digunakan

Selain semen bahan baku lain yang digunakan untuk pembuatan batako adalah pasir dan kerikil. Untuk bisa mendapatkan batako yang memiliki kualitas baik maka pastikan bahwa pasir dan kerikil yang digunakan telah terbebas dari dedaunan, rumput, dan juga benda asing lainnya. Lalu pasir yang digunakan haruslah yang bertekstur sedikit kasar dan memiliki partikel yang lengkap.

Kemudian untuk kerikilnya maka gunakan juga yang memiliki tekstur agak kasar. Jangan menggunakan yang bertekstur halus karena semakin halus kerikil maka akan bisa menurunkan kualitas batako. Hal ini lumrah karena memang kerikil yang halus akan membutuhkan  semen yang lebih banyak untuk proses pembuatan yang tentunya akan berpengaruh terhadap jalannya proses adukan.

www.pexels.com
  1. Kerataan adukan

Pada saat proses pencampuran bahan baku maka diperlukan pengadukan yang maksimal dan merata untuk bisa menghasilkan batako yang memiliki kualitas yang terbaik. air yang ditambahkan secara merata akan bisa membuat semua bahan tersebut terikat dengan sempurna oleh semen sehingga tidak akan muncul rongga yang bisa membuat kualitas menurun.

  1. Mesin cetak

Selain dari bahan yang telah disebutkan tadi memang tidka bisa dipungkiri bahwa mesin cetak yang digunakan memiliki pengaruh yang cukup besar. Bandingkan saja kualitas batako yang dicetak secara manual dengan menggunakan mesin, tentu keduanya akan memiliki kualiatas berbeda dan cukup menyolok.

Batako yang dibuat dengan menggunakan cetakan manual sudah tentu akan lebih sulit untuk konsisten. Sedangkan batako yang dibuat dengan menggunakan mesin akan memiliki hasil cetak dengan kualitas yang lebih baik.

Mesin cetak khusus ini akan menghasilkan batako yang sama untuk setiap produksinya karena memang telah menerapkan standar mutu produksi yang tepat. Hal ini berguna untuk menjaga dan mempertahankan mutu kualitas dari batako itu sendiri. Untuk itu perawatan mesin cetak juga harus diperhatikan dengan seksama karena jika mesin mengalami kerusakan maka akan langsung berpengaruh terhadap kualitas hasil cetaknya nanti dan bisa memungkinkan terjadinya cacat produksi.

Nah itulah tadi informasi lengkap mengenai batako yang perlu anda ketahui, tak ada salahnya untuk menggunakan bahan ini sebagai alternatif pilihan mengingat saat ini harga Jual Batu Bata Merah cukup tinggi. Namun semuanya kembali lagi pada kebutuhan bangunan anda agar tidak salah dalam memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *