Umum

Cara Menumbuhkan Tunas Pohon Alpukat di Dalam Air

 

Alpukat merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang. Buah ini terkenal memiliki khasiat yang luar biasa, karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat aman bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, di dalam buah alpukat juga terkandung vitamin A, B, C, E, dan K, serta protein, karbohidrat, folat, dan magnesium. Tak heran jika banyak yang mengkonsumsi buah ini sebagai asupan nutrisi tubuh.

Tak puas hanya mengkonsumsi, banyak penggemar alpukat yang kemudian menanam pohon alpukat karena cara menanamnya cukup mudah. Salah satu cara menanamnya adalah dengan menumbuhkan tunasnya dari biji yang diletakkan di dalam air. Tentu saja proses penanaman dengan cara ini sangatlah mudah.

Untuk menumbuhkan tunas dalam air dengan hasil dengan kualitas unggul dan terbaik, Anda perlu mencari buah alpukat dengan tekstur daging buah yang sangat lembut dengan tingkat kematangan pas atau sempurna. Jangan lupa, wajib mengambil biji alpukat dengan hati-hati tanpa melukainya dan wajib cuci bersih.

Lanjut ke cara penanaman biji alpukat menjadi pohon alpukat dengan menggunakan air, sebagai berikut:

  • Setelah biji dibersihkan, tusuk keempat sisi biji alpukat dengan tusuk gigi dengan posisi ujung yang lebih sempit menghadap ke atas.
  • Isi air di wadah seukuran gelas biasa (usahakan wadah benar-benar bersih) dan letakkan biji alpukat di gelas berisi air. Posisikan biji alpukat yang bersisi luas berada di bawah dan yang bersisi semput di bagian atas. Pastikan biji terendam setengah bagian saja dan setengahnya biarkan tidak terendam.
  • Letakkan wadah berisi calon tunas pohon alpukat di dekat jendela yang terkena matahari atau dapat juga diletakkan di tempa yang terkena matahari langsung.
  • Apabila air mulai menyusut, terus tambahkan air sedikit demi sedikit. Hingga usia 3 minggu, maka biji alpukat akan retak dan akar mulai muncul pada usia 3 hingga 4 minggu. Tunggu hingga panjang akar mencapai 5-7 cm dan batang mulai tampak. Setelah tampak, baru kemudian pindahkan biji ke dalam tanah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *