Islam

Inilah Masjid Indramayu yang Paling Megah

Termasuk dalam negara yang sebagian besar penduduknya beragama Islam tentu saja ada beberapa masjid besar dan megah yang tersebar di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Salah satu wilayah yang mempunyai masjid megah adalah di Indramayu. Disana terdapat beberapa masjid besar yang dan bersejarah yang perlu diingat oleh sesama muslim. Setiap masjid mempunyai tampilan bangunannya masing – masing, biasanya bentuk dari bangunan yang digunakan untuk mendirikan masjid tersebut terdapat artinya, karpet masjid juga mampu menyumbang keindahan dari sebuah masjid, kini anda bisa mencari beberapa info terkait harga karpet masjid. Ulasan kali ini akan membahas salah satu masjid Indramayu yang megah, masjid ini diberi nama masjid Islamic Center Indramayu.

Arsitektur Masjid Islamic Center Indramayu

Kemegahan yang ditampilkan oleh masjid ini mampu menarik perhatian mata setiap orang yang melihatnya. Presiden RI kabarnya juga pernah singgah untuk mengikuti solat taraweh di masjid megah tersebut. Desain yang digunakan untuk mendirikan masjid ini adalah murni dari imajinasi yang sebelumnya dilakukan studi banding antara bangunan beberapa masjid yang ada di beberapa wilayah. Kabarnya desain yang telah digunakan untuk mendirikan masjid ini tidak akan ditemukan di beberapa bangunan masjid yang ada di Indonesia maupun di mancan negara, sehingga desain ini sangat murni merupakan sebuah imajinasi.

pixabay.com

Mempunyai arsitektur yang terbilang sangat menarik mampu membuat Masjid Islamic Center Indramayu menjadi salah satu masjid yang dijadikan sebagai salah satu wisata religi. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa masjid ini mempunyai arsitektur yang terbilang cukup khas dan menarik, selain itu model yang digunakan masjid ini tidak menghilangkan kesan kuno sebagai masjid yang religi.

Bangunan masjid megah ini terdiri dari tiga kubah, kubah ini diletakan tepat ditengah bangunan dan diampit oleh kedua kubah lainnya dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kubah yang berada di tengah yang memiliki ukuran yang lebih besar. Keindahan dari masjid ini juga didukung dengan adanya lampu LED yang ketika malam hari mampu menerangi setiap sudut masjid menjadi lebih indah. Di bawah ini ada beberapa hal unik yang bisa anda temukan ketika anda mampir di Masjid Islamic Center Indramayu :

pixabay.com
  1. Masjid termegah

Sudah dijelaskan di atas bahwa Masjid Islamic Center Indramayu merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Indramayu.

  1. Dibangun dengan dana cukup besar

Karena menjadi salah satu masjid yang megah tentu saja pembangunannya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Ada beberapa kabar yang menjelaskan bahwa untuk membangun masjid ini dibutuhkan dana yang hingga 40 miliyar bahkan lebih.

  1. Lahan parkir luas

Tentu saja mempunyai bangunan yang luas mengharuskan masjid ini mempunyai daya tampung kendaraan yang cukup luas. Ketika anda datang ke masjid ini anda tidak perlu merasa cemas mengenai lahan parkir, pasalnya anda bisa dengan mudah mendapatkan lahan parkir yang luas.

  1. Lebih indah ketika malam hari

Masjid ini mempunyai tampilan yang lebih indah ketika anda melihatnya malam hari. Akan ada banyak lampu yang menghiasi masjid ini sehingga siapa saja yang lewat akan terpana dengan keindahan masjid tersebut.

  1. Wisata religi

Mempunyai tampilan yang menarik tanpa menghilangkan kesan kunonya membuat masjid ini menjadi salah satu masjid yang dijadikan wisata religi. Banyak rombongan yang datang dari beberapa wilayah yang ada di Indonesia untuk sekedar berkunjung ke masjid ini.

pixabay.com

Masjid Bersejarah di Indramayu

Tidak hanya Masjid Islamic Center Indramayu yang terkenal di Indramayu, masih ada beberapa masjid bersejarah lainnya yang terkenal di wilayah ini. Berikut ini ada dua masjid Indramayu yang bersejarah :

 

  1. Masjid Baiturrahmah

Masjid ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan sebagai masjid Penganten yang berada tidak jauh dari makam Selawe lebih tepatnya di Desa Sindang. Sesuai dengan namanya, masjid ini sering digunakan untuk menikahkan penganten, maka dari itu untuk lebih mudah mengenali masjid ini diberikan nama masjid Penganten. Karena usianya yang tua, masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi yang membuat masjid ini tetap bisa berdiri tegak. Bangunan yang dimiliki masjid ini juga tetap berkesan sangat kuno, itulah yang membuat masjid ini tidak hilang sejarahnya.

  1. Masjid Darussyajidin Bondan Kertasemaya

Masjid ini merupakan salah satu masjid Indramayu yang mempunyai sejarah. Masjid yang berada di Desa Bondan ini mempunyai ciri – ciri yang unik, ciri – cirinya yang berbeda dari beberapa masjid pada umumnya membuat masjid ini mempunyai tampilan yang lebih kuno. Bentuk unik yang dimiliki masjid ini adalah berbentuk bujursangkar, namun telah mengalami beberapa perbaikan hingga mempunyai beberapa serambi yang menghiasi masjid ini. Sejarah mengatakan bahwa masjid ini sempat dibangun dalam kurun waktu semalam, sedangkan untuk bedugnya dikerjakan pada hari esoknya. Masjid ini ditopang oleh 16 tiang yang mana 4 tiang diantaranya sebagai saka guru yang didirikan di atas sebuah batu. Karena telah mengalami beberapa perubahan membuat masjid ini telihat lebih luas dibandingkan bangunan yang asli sebelum renovasi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *