Umum

Burung Dara Peliharan dengan Nilai Komersil

 

Burung merpati adalah jenis unggas yang dapat hidup berdekatan dengan manusia. Burung ini telah digunakan untuk berbagai tujuan di masa lalu. Memakan hidangan burung merpati berdampingan dengan penggunaan burung ini sebagai pembawa pesan. Burung ini tergolong setia dan memiliki kesan pengabdian dengan tuannya. Pada masa lalu terutama di Eropa burung merpati memiliki identitas dan derajat yang sama dengan pemiliknya sehingga ketika seekor burung merpati terlihat dari kejauhan sudah dapat dipastikan asal pesan yang dibawa burung tersebut.

 

Burung Dara Sebagai Bisnis yang Menguntungkan

Sebagai peliharaan burung merpati memiliki harga komersil yang cukup tinggi dan bersaing. Kisaran harga untuk burung merpati bisa dimulai dari 500 ribu sampai 5 juta. Burung merpati diternakkan dengan tujuan kompetisi. Bentuk kompetisi dari burung merpati adalah terbang rendah datar dan terbang tinggi. Metode pertandingan burung merpati memiliki beberapa perbedaan di beberapa daerah.

 

Merpati adalah binatang yang dapat dikembangbiakkan dengan mudah karena mereka memiliki musim kawin yang rutin setiap tahun. Jumlah telur yang dihasilkan cukup banyak yaitu mencapai 2 sampai 4 butir telur untuk satu betina. Untuk ketahanan burung ini memiliki kemampuan terbang yang cukup jauh serta tubuh yang proporsional untuk mencari makan di darat. Makan burung merpati juga tidak sulit dan mereka tidak perlu diberikan perlakuan atau sangkar khusus.

 

Tubuh burung merpati cukup kuat. Mereka memiliki suhu tubuh yang tinggi sehingga burung ini akan mampu bertahan dalam kondisi cuaca yang lebih ekstrim. Burung ini bekerjasama dalam membesarkan anaknya. Jantan dan betina menghasilkan cairan seperti susu dari tembolok mereka untuk dibagikan pada anak mereka. Burung merpati juga memiliki tubuh yang kokoh dan mampu untuk menghindari atau bertahan dari serangan predator dengan baik menggunakan kecerdasan dan kerjasama yang baik dengan kelompoknya. Beberapa kejadian dapat ditemukan tingkah heroik burung merpati untuk menyelamatkan kawanan mereka dari predator. Kedekatan burung ini dengan manusia membuat kawanan burung merpati rentan terhadap hama paling berbahaya bagi mereka yaitu manusia yang biasa menembaki burung-burung ini untuk kesenangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *