sport

11 Tips Dalam Bermain Futsal Supaya Kamu Bisa Menang

Jadi, Anda ingin meningkatkan dalam bermain Futsal? Anda datang ke tempat yang tepat. Daftar kiat futsal ini akan membuat Anda menjadi pemain yang lebih baik di permainan yang, jujur ​​saja, tidak alami bagi banyak pemain pada awalnya; terutama jika latar belakang Anda dalam sepak bola 11-sisi.

Dilansir dari resaja.com devinisi futsal adalah satu-satunya format sepak bola 5 sisi yang sanksi FIFA untuk kompetisi internasional dan, jika Anda belum mengalaminya, Anda akan menemukan bahwa itu adalah binatang yang sama sekali berbeda dari sepak bola penuh 11 sisi. Sementara itu membutuhkan banyak keterampilan yang sama dengan permainan penuh, Anda perlu mengetahui beberapa tips, taktik dan strategi khusus untuk benar-benar pandai.

Jadi, inilah daftar penting kiat futsal yang perlu Anda ketahui untuk bermain game. Ini bukan hanya tip dari panduan pelatihan pengap atau hal-hal yang Anda ambil dari kursus pelatihan; ini adalah hal-hal yang berguna bagi para pemain game. Dan kami dapat menjamin hal itu karena daftar ini telah disatukan dalam konsultasi dengan banyak pemain futsal yang bermain di liga lokal kami.

Berikut adalah tips teratas yang sesuai untuk mereka, dan hal-hal yang mereka harapkan telah mereka ketahui sejak lama.

1. Memiliki beberapa kapal selam dan menggunakannya secara efektif

Futsal adalah permainan yang serba cepat dan setelah beberapa ledakan naik turun lapangan, Anda akan menemukan diri Anda bergantung pada kehidupan sayang jika kebugaran Anda tidak dari awal. Sayangnya tidak ada waktu untuk berdiri dan beristirahat – permainan akan terus berlanjut, dengan atau tanpa Anda. Bahkan ketika bola keluar dari permainan, aturannya adalah bola harus kembali dimainkan dalam waktu 4 detik: berita buruk jika Anda tidak layak.

Terlepas dari ide yang jelas untuk menjadi bugar (itu untuk artikel terpisah: ‘seberapa cocok saya untuk futsal‘) solusi untuk kelelahan adalah memastikan Anda mendapatkan kapal selam dan Anda memutarnya.

Aturan futsal memenuhi hal ini dengan brilian – Anda dapat membuat kapal selam kapan pun Anda mau, tanpa harus memberi tahu wasit, asalkan kapal selam itu masuk melalui area yang ditentukan dari sampingan.

Di liga lokal, tim-tim yang muncul hanya dengan 5 pemain dan tanpa pemain cadangan jarang memenangkan pertandingan mereka, tetapi selalu berakhir seperti kandidat serangan jantung berkeringat ketika peluit akhir berbunyi. Dapatkan setidaknya satu sub, lebih baik dua, sehingga Anda dapat mengambil nafas secara bergantian dan sisa pemain dapat menjaga tekanan pada tim lain untuk pertandingan penuh.

2. Memahami aturan penjaga gawang futsal

Aturan kiper futsal tampaknya menangkap semua pemula. Mereka tidak serumit itu, tetapi mereka cukup berbeda dari aturan sepakbola normal sehingga membingungkan banyak orang.

Ada tiga hal utama yang perlu Anda ketahui:

  1. Tidak ada tendangan gawang. Ketika bola berjalan di belakang, penjaga memulai kembali bermain dengan menggulung atau melempar bola dengan tangannya. Lemparan harus ke pemain yang berdiri di luar area gawang.
  2. Ketika kiper telah memainkan bola keluar, itu tidak dapat dimainkan kembali kepadanya kecuali jika telah menyentuh pemain lawan atau kiper menerima bola di babak oposisi (ya – setengah oposisi – itu terjadi lebih dari Anda mungkin berpikir). Karenanya, anggota tim lainnya perlu berhati-hati saat mereka memberikan umpan kepada kiper, tetapi Anda selalu aman untuk lolos dari tendangan penalti, dan banyak tim merasa berguna untuk melakukan hal ini.
  3. Penjaga gawang dapat keluar dari area (dan semua pemain diizinkan di daerahnya) dan menjadi pemain lapangan 5 di kali. Ketika dia menguasai bola, dia masih punya waktu 4 detik untuk memainkannya, tetapi itu membuatnya menjadi pemain ekstra yang berguna untuk dimiliki. Bukan hal yang aneh bagi penjaga gawang untuk mencetak gol, terutama jika mereka mendapat tendangan jarak jauh yang bagus. Seorang penjaga gawang yang bermain sebagai pemain lapangan dikenal sebagai ‘penjaga gawang’.

3. Tentukan sistem

Anda harus memiliki struktur dasar untuk tim Anda. Apakah Anda memainkan berlian, kotak, atau salah satu dari banyak formasi futsal lainnya, pastikan tim Anda memahaminya. Itu tidak kaku; orang-orang ditarik keluar dari posisi dan berputar pada waktu-waktu tertentu, tetapi tanpa organisasi dasar Anda akan menjadi berantakan dengan tidak ada yang menyerang atau tidak ada yang membela.

Ketika kami pertama kali memulai tim futsal kami, kami menggunakan 4 sistem yang berbeda dalam 10 pertandingan pertama kami. Itu mengajari kami dua hal: pertama, penting menemukan gaya yang sesuai dengan para pemain, dan kedua, sangat penting untuk menetap di sistem dan bertahan cukup lama sehingga orang terbiasa dengannya.

Di bawah ini adalah formasi paling populer, tetapi jika Anda ingin memahami pro dan kontra masing-masing, lihat panduan kami untuk formasi futsal untuk lebih detail.

4. Bertahan sebagai tim

Futsal seperti bola basket: Anda menyerang dan bertahan sebagai sebuah tim. Memiliki pemain yang tidak dapat melacak kembali untuk melakukan pekerjaan defensif adalah resep untuk kehilangan game. Anda akan mempelajari ini dengan sangat cepat; biasanya dengan cara yang sulit!

Membela adalah tugas bersama, dan membutuhkan komunikasi yang baik untuk melakukannya dengan benar. Untuk menghindari bencana defensif di lapangan, Anda harus mencoba menyetujui pendekatan Anda terhadap dua masalah utama. Berita baiknya adalah tidak ada keputusan yang benar atau salah.

  • Apakah Anda membela laki-laki atau zonal? Lupakan poin yang lebih bagus dari debat lama ini, pada level amatir itu tidak membuat perbedaan besar yang Anda gunakan selama semua orang tahu apa pekerjaan mereka. Kami telah kebobolan banyak gol di mana satu orang bermain man-for-man dan yang lainnya tetap zonal, memberikan ruang bagi lawan untuk mengeksploitasi. Di tim kami, kami telah memutuskan bahwa kami semua bermain man-for-man karena kami menganggapnya sistem yang lebih sederhana untuk dimainkan, tetapi sistem zona mungkin bekerja untuk Anda.
  • Apakah Anda melakukan pers setengah pengadilan penuh? Pers pengadilan penuh adalah tempat Anda mendorong dan menantang oposisi di mana pun mereka berada di lapangan. Pers setengah pengadilan adalah tempat Anda duduk dan melakukan pekerjaan defensif Anda sebagian besar di setengah Anda sendiri. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi yang paling penting adalah Anda melakukannya secara konsisten sebagai sebuah tim. Tidak banyak poin salah satu pemain Anda mengejar lawan di sekitar mereka jika mereka tidak mendapat dukungan dari rekan tim mereka.

5. Dapatkan pegangan

Kemungkinan pengadilan yang Anda mainkan bukanlah permukaan berstandar internasional yang bersih. Mungkin tertutup debu dan kotoran yang dapat membuat pegangan menjadi sangat sulit. Di liga lokal kami banyak pemain yang terbiasa bermain sepak bola bentuk lain menemukan ini bagian tersulit untuk menyesuaikan diri dengan Futsal – mereka tidak bisa mendapatkan traksi yang biasa mereka gunakan dari rumput atau rumput buatan.

Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu. Sebagai permulaan, dapatkan sepatu futsal yang layak dibuat untuk permukaan ruangan. Selain itu, pastikan semuanya bersih – jika tertutup debu dan debu saat Anda memulai maka Anda bagian dari masalahnya.

Sol sepatu harus sangat bersih untuk mendapatkan level maksimum pegangan di lantai. Anda harus mencuci sol sepatu Anda setiap kali bermain – inilah panduan kami tentang cara membersihkan sepatu Anda untuk cengkeraman dan traksi maksimum, dengan beberapa tips tambahan.

6. Lewati dan pindahkan – ini tidak berhenti

Ini adalah permainan yang melelahkan di luar sana, dan ada godaan untuk mencoba dan menyelinap sedikit bernapas di sana-sini. Anda telah memainkan umpan ke rekan setim, saatnya istirahat sebentar sekarang, bukan?

Salah! Satu-satunya waktu untuk istirahat adalah ketika Anda diganti. Tonton salah satu tim futsal profesional yang memainkan permainan dan Anda akan melihat semuanya satu dan dua sentuhan, angin puyuh gerakan pass-move-pass-move.

Jarang sekali pro mengambil lebih dari tiga sentuhan pada bola sebelum mereka menemukan rekan setim yang berlari ke ruang kosong. Mereka melakukan operan, dan kemudian mereka bergerak. Anda harus seperti itu juga, jika tidak lawan akan merasa terlalu mudah untuk menandai Anda keluar dari permainan.

7. Gunakan telapak kaki Anda … banyak

Ruang di lapangan futsal lebih ketat dari gaun Kim Kardashian rata-rata Anda. Jadi, jika Anda berharap dapat memainkan game berjalan-dengan-bola yang luas, Anda akan sangat kecewa.

Sebaliknya dalam bermain futsal adalah tentang kontrol dekat, dan apa artinya banyak waktu adalah menggunakan telapak kaki Anda untuk memanipulasi bola dalam situasi ketat. Ketika bola bersentuhan dengan telapak kaki Anda, ia sudah terkendali dengan baik, dan Anda dapat dengan cepat bergerak bersamanya ke segala arah, menggeliat menjauh dari bahaya potensial.

Tip yang sama berlaku untuk segala bentuk 5-sisi di mana Anda beroperasi di ruang sempit. Anda tidak memiliki kemewahan untuk selalu menggunakan punggung kaki Anda untuk mengetuk bola beberapa meter di depan Anda sepanjang waktu.

8. Gunakan jari kaki

Puritan sepakbola mungkin ingin memalingkan muka, tetapi di Futsal tendangan kaki sebenarnya adalah teknik yang hebat. Terutama ketika Anda menembak ke gawang.

Kerugian dari jari kaki adalah bahwa ia tidak memiliki akurasi, tetapi apa yang kurang dalam presisi itu untuk di daerah lain.

Apa yang membuat begitu kuat adalah kelicikan semata-mata; Anda bisa melepaskan tembakan dengan sangat cepat dengan sedikit back-lift, namun masih banyak tenaga. Dan karena itu datang begitu cepat dan ada ketidakpastian seperti itu, para penjaga gawang menganggapnya mimpi buruk untuk dihadapi.

Jujur, coba saja. Semua orang dalam bermain Futsal dari pemain amatir yang lebih baik, sampai pro internasional penuh menggunakan poke jari dan itu hanya karena itu berhasil.

9. Jangan semua lari ke arah bola

Sering kali Anda memiliki pemain dengan bola mencari beberapa opsi apa yang harus dilakukan dengannya. Tiba-tiba, berpikir mereka membantunya, anggota tim lainnya bergerak ke arahnya untuk menawarkan umpan.

Meskipun niatnya bermaksud baik, ini akan segera berakhir dengan memiliki semua 4 pemain lapangan dalam jarak sekitar 5 meter satu sama lain.

Itu bukan situasi yang baik karena tidak ada lebar atau kedalaman untuk bermain. Ketika Anda berempat bertinju di area sempit di lapangan, itu adalah hadiah bagi oposisi yang dapat menekan langsung dan membuatnya sangat sulit untuk mengatasinya. Bahkan setiap ruang potensial untuk digiringkan bola telah ramai keluar untuk pemain di bola.

10. Memiliki pasukan yang konsisten

Sangat sulit untuk mencoba taktik dan sistem permainan Anda saat Anda menggunakan lebih banyak pemain daripada tim NFL rata-rata.

Meskipun mungkin sulit untuk mendapatkan lima permainan yang sama mulai setiap minggu, terutama di mana orang memiliki komitmen lain, terus mengandalkan penampilan satu kali dari stand-in bukan strategi yang bagus.

Mereka tidak akan memahami sistem Anda, mereka masih akan mencoba membiasakan diri dengan format Futsal, dan kemudian orang lain akan datang minggu depan menggantikan mereka, mengulangi prosesnya. Cobalah untuk mendapatkan skuad yang terdiri dari pemain yang mampu bermain hampir setiap minggu.

11. Jangan memberikan pelanggaran bodoh (tip bonus)

Bermain futsal memiliki aturan yang sangat masuk akal di mana, jika Anda melakukan 5 pelanggaran dalam setengah (hitungan ulang di babak pertama), pelanggaran berikutnya diberikan sebagai tendangan penalti (tetapi dari sedikit lebih jauh ke belakang dari penalti normal). Itulah yang secara teoritis menghentikan tim yang memutuskan untuk meretas untuk seluruh permainan.

Tapi pelanggaran itu menumpuk dengan cepat bahkan jika Anda tidak bermain kotor. Yang diperlukan hanyalah beberapa pelanggaran konyol dan Anda dengan cepat mendekati 5-hitungan yang ditakuti.

Bahkan jika Anda akhirnya menghindari melakukan yang lain dan memberikan tendangan bebas, itu adalah tempat yang menegangkan dan meresahkan bagi para pemain. Ketika dihadapkan dengan tekanan situasi, beberapa pemain tampaknya benar-benar kehilangan akal dan beralih dari melakukan hal-hal dasar. Anda akan melihat banyak tim berantakan pada tahap ini melalui kombinasi frustrasi, kegugupan, dan disiplin yang buruk. Yang terbaik adalah tidak sampai ke tahap ini sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *