Kesehatan

Alasan Telat Datang Bulan dan Solusi Mengatasinya

Datang bulan alias menstruasi atau haid adalah peristiwa keluarnya cairan darah dari dalam rahim wanita yang masuk dalam masa subur. Peristiwa ini dipengaruhi oleh hormon bernama estrogen yang membuat rahim menebal untuk menanti kedatangan dari sel telur. Pelepasan dari sel telur ini akan terjadi pada saat siklus datang bulan mencapai puncaknya. Apabila pada saat tersebut terdapat sperma yang masuk, akan terjadi penyatuan yang menimbulkan adanya janin. Alur tersebut akan terus terjadi setiap bulannya dalam jangka waktu tertentu apabila tidak ada sel sperma yang masuk. Maka dari itulah para wanita yang hamil, tidak akan mengalami datang bulan. Namun perlu diketahui bahwa pada siklus datang bulan yang dialami para perempuan ini terkadang  banyak yang mengalami telat datang bulan.

Sebelum membahas mengenai telat datang bulan tersebut, harus diketahui terlebih dahulu bahwa memang setiap perempuan mempunyai sikus datang bulan yang berbeda. Secara normal datang bulan mempunyai panjang 3-5 hari dengan siklus yang berjangka 21-35 hari.  Biasanya datang bulan ini akan terjadi pada waktu (tanggal) yang setiap bulannya.  Apabila sudah terjadi keterlambatan berarti terdapat alasan yang mendasar. Bisa jadi alasannya masih tergolong normal dan bisa diatasi atau malah negatif  yang dalam artian terdapat gangguan atau penyakit yang pastinya merugikan. Bila seorang wanita yang terlambat datang bulan terutama yang sudah melakukan hubungan seksual akan langsung panik dengan mengangap terjadi kehamilan. Padahal bukan hanya hal tersebutlah yang menjadi alasan terlambatnya datang bulan ini. Untuk itulah Anda harus mengetahui berbagai asalan mengapa datang bulan ini bisa telat dan solusi mengatasinya agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

www.pexels.com

Alasan Telat Datang Bulan Terjadi

Alasan dari telat datang bulan yang banyak dialami oleh perempuan ini ada banyak dan beragam seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Setidaknya terdapat 12 alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Adapun berbagai alasan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Stres

Alasan pertama mengapa datang bulan ini bisa terlambat adalah karena stres yang para wanita alami. Stres mampu menjadi alasan tersebut karena dengan adanya stres mampu menanggu hormon serta bagian otak yakni Hipotalamus yang mengambil peran dalam siklus datang bulan. Tentu saja apabila hormon dan hipotalamus ini terganggu mampu menyebabkan datang bulan yang terlambat. Apabila stress tidak segera diatasi maka akan menyebabkan hal negatif lainnya seperti sakit ataupun perubahan berat badan secara signifikan yang sama-sama menjadi alasan mengapa datang bulan ini terlambat.

  1. Berat Badan Berlebih

Berat badan yang berlebih atau  yang juga dikenal sebagai obesitas ini bisa menjadi alasan telatnya datang bulan.  Pasalnya bertambahnya berat badan secara berlebih ini memicu munculnya perubahan secara hormonal pada tubuh perempuan sehingga keterlambatan datang bulan ini bisa dialami. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa perempuan yang mempunyai indeks masa tubuh bernilai 25-30 bahkan yang lebih dari nilai 30 mempunyai kecenderungan tinggi mengalami keterlambatan tersebut.

  1. Berat Badan yang Rendah

Tidak hanya berat badan yang berlebih saja yang menjadi alasan datang bulan telat, tetapi berat badan yang rendah pun menjadi salah satu alasannya pula. Hal ini dikarenakan berbagai fungsi dalam tubuh akan terganggu termasuk ovulasi.  Para perempuan yang mempunyai gangguan makan misalnya bulimia dan anoreksia ini menjadi salah satu perempuan yang mempunyai berat badan rendah. Maka dari itulah kecenderungan untuk mengalami keterlambatan datang bulan ini tinggi oleh karena terganggunya fungsi tubuh.

  1. Kelebihan Hormon Prolaktin

Hormon prolaktin yang diproduksi secara berlebih mampu menyebabkan terlambatnya datang bulan. Hormon tersebut akan berlebih ketika perempuan sedang berada dalam masa menyusui atau karena kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan penanganan medis khusus. Oleh karena itulah para ibu yang sedang dalam masa menyusui dan pasien tumor kelenjar pituitari pada otak serta juga ginjal misalnya akan mengalami telatnya datang bulan. Perlu diketahui bahwa penyebab hormon prolaktin yang berlebih ini bisa menyebabkan keterlambatan tersebut, karena akan menganggu hormon yang mempunyai peran dalam siklus datang bulan yakni progesteron dan estrogen.

www.pexels.com
  1. Menggunakan Alat Kontrasepsi Hormonal

Pengunaan dari alat kontrasepsi hormonal menjadi alasan berikutnya datang bulan telat. Pada  berbagai alat kontrasepsi tersebut  seperti pil pencegah hamil atau pil KB mengandung yang namanya hormon progestin dan estrogen. Kedua hormon tersebutlah yang menjadi pencegah  sel telur dilepaskan oleh indung telur. Apabila perempuan yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal ini ingin lancar lagi siklus datang bulan yang dipunyai, maka harus tidak menggunakannya lagi dan menunggu hingga jangka waktu enam bulan.

  1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS alias Sindorm ovarium polikistik ini merupakan salah satu alasan mengapa datang bulan terlambat bahkan bisa jadi tidak terjadi sama sekali.  Tidak hanya itu saja, PCOS juga mampu menyebabkan kesuburan yang tergangu pada perempuan yang  mengalaminya. PCOS ini sendiri adalah kelainan pada sistem metabolisme dan juga hormon yang mampu menyebabkan terganggunya fungsi indung telur.

  1. Kelenjar Tiroid

Salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk mengatur metabolisme adalah kelenjar tiroid.  Apabila kelenjar ini tidak mampu bekerja dengan baik, maka mampu menjadi alasan mengapa datang bulan ini terlambat.  Ciri dari kelenjar  tiroid yang bermasalah ini bisa dilihat dari berat badan yang dengan cepat berubah, rontoknya rambut, tubuh berasa sangatlah lelah hingga terasa sangat sensitifnya tubuh pada suhu dingin atau panas.

  1. Menopause Dini

Perempuan yang akan memasuki masa menopause dini akan mengalami berbagai gangguan datang bulan terutama masalah keterlambatan.  Pada kebanyakan perempuan masa menopause yang normal adalah pada saat menginjak usia 45 hingga 55  tahun. Namun terdapat beberapa perempuan yang mengalami menopause dini dalam usia dibawah 40 tahun.

  1. Merokok

Terlambatnya datang bulan juga bisa disebabkan oleh alasan perempuan yang merokok. Pasalnya pada rokok ini terkandung berbagai zat yang berbahaya seperti misalnya nikotin. Zat nikotin ini mampu mempengaruhi hormon yang mempunyai peran penting dalam siklus datang bulan yakni hormon progesteron dan estrogen.

  1. Kehamilan

Salah satu ciri dari masa awal dari kehamilan adalah terlambatnya datang bulan. Apabila Anda sudah berhubungan seks dan mengalami keterlambatan tersebut maka alasan kehamilan patut untuk dicurigai.  Maka dari itulah akan lebih baik untuk melakukan tes dengan test pack, apabila hasilnya negatif walupun keterlambatan ini sudah dua minggu lebih, maka Anda tidak hamil. Keterlambatan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai alasan lainnya misalnya saja stres.

  1. Awal Mengalami Masa Datang Bulan

Remaja perempuan yang baru saja mengalami datang bulan akan banyak yang mengalami keterlambatan. Tidak perlu terlalu khawatir karena hal tersebut masih masuk dalam tahapan yang wajar alias normal. Hal tersebut dikarenakan remaja tersebut masih mempunyai hormon yang belum seimbang tidak seperti perempuan dewasa yang telah mempunyai kestabilan hormon walaupun sering terganggu dengan stress ataupun berbagai hal lainnya seperti masalah berat badan.

  1. Olahraga dan Aktivitas yang Berlebih

Terlalu banyak atau belebih dalam beraktivitas dan berolahraga menjadi alasan berikutnya mengapa datang bulan ini terlambat. Penyebabnya adalah tubuh akan menjadi lelah yang berpengaruh akan kelenjar hipotalamus. Nah, kelenjar inilah yang akan membuat hormon datang bulan terganggu. Terlalu sering dalam berolahraga dalam membuat Anda terkena yang namana amenore. Kondisi tersebut adalah kondisi dimana seorang perempuan sama sekali tidak mengalami datang bulan. Pasalnya olahraga yang berlebih ini mampu menyebabkan hormon estrogen diproduksi semakin sedikit.

www.pexels.com

Solusi Mengatasi Telatnya Datang Bulan

Dari berbagai alasan telat datang bulan yang telah disebutkan ini, dapat diambil beberapa solusi pemecahannya. Berbagai solusi ini sudah terbukti mampu membuat para perempuan mendapatkan kembali siklus datang bulan secara lancar dan tidak terlambat lagi. Berikut adalah berbagai solusi mengatasi datang bulan yang telat:

  1. Istirahat yang Cukup

Solusi pertama mengatasi telatnya datang bulan adalah dengan istirahat yang cukup. Pasalnya dengan istirahat yang cukup ini menyebabkan hormon yang mempengaruhi datang bulan bisa berkembang dengan baik. Tak hanya itu saja, hypothalamus juga tidak akan terganggu sama sekali.

  1. Olahraga Secukupnya

Olahraga merupakan hal yang disarankan untuk dapat melancarkan datang bulan. Namun, olahraga tersebut tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa menyebabkan terlambatnya datang bulan. Maka dari itulah Anda harus bisa olahraga secukupnya saja dengan begitu aliran darah akan normal yang mampu melancarkan datang bulan pada tepat waktu.

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Air putih mampu mempengaruhi metabolisme yang mana berpengaruh langsung pula pada siklus datang bulan. Untuk itulah agar keterlambatan datang bulan ini tidak terjadi lagi, maka Anda harus meminum air putih dengan banyak.  Dengan begitu sistem metabolisme yang terjadi dalam tubuh akan lancar sehingga datang bulan pun juga lancar sesuai pada waktunya.

  1. Gaya Hidup Sehat

Mempunyai gaya hidup yang sehat juga merupakan solusi atas telatnya datang bulan.  Mulai  dari tidak merokok, tidak minum minuman yang mengandung alkohol, tidak bergadang, tidak minum kopi, dan masih  banyak lagi haruslah dilakukan. Apabila sudah ditindakkan maka datang bulan yang terlambat tidak akan dialami lagi.

  1. Makan Makanan yang Bergizi Tinggi dan Menyehatkan

Produksi hormon yang lancar dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu yang paling mempengaruhinya ini adalah asupan dari makanan. Tentunya setelah mengetahui hal tersebut, Anda harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai gizi tinggi dan menyehatkan. Hasilnya pasti hormon akan diproduksi secara lancar sehingga siklus datang bulan pun tidak terganggu alias lancar.

www.pexels.com
  1. Mengkonsumsi Bahan-Bahan Alami Tertentu

Terdapat beberapa bahan alami tertentu yang memang sudah terbukti menjadi solusi mengatasi telatnya datang bulan ini. Dengan mengkonsumsi berbagai bahan tersebut, tidak perlu takut akan terjadi berbagai efek samping berbahaya.  Malahan justru berbagai keuntunagn didapatkan selain teratasinya keterlambatan datang bulan yang dialami  ini. Misalnya ada pula keuntungan berupa sehatanya badan tanpa harus takut akan efek samping ataupun takut tidak bisa mendapatkan bahan tersebut. Berikut adalah beberapa bahan alami tertentu yang menjadi solusi penanganan datang bulan yang telat:

  1. Jus Wortel

Bahan alami pertama yang harus dikonsumsi apabila ingin mengatasi datang bulan terlambut adalah jus wortel. Pasalnya dalam jus wortel ini mempunyai kandungan yang mampu membuat hormon dalam tubuh tidak terganggu. Berbagai kandungan tersebut adalah vit C, Vit A, iron dan kalsium. Silahkan minum secara rutin jus wortel ini boleh menggnakan gula atupun tanpanya. Solusi yang satu ini cukup efektif dan telah banyak dibuktikan orang.

  1. Daun Pepaya

Kadungan yang terdapat dalam daun pepaya sangatlah lengkap meskipun rasanya pahit seperti vitamin A, B, C, D dan E serta kalsuium yang sangatlah kaya.  Kandungan yang amatlah kaya dalam daun pepaya inilah yang apabila dikonsumsi secara rutin bisa menyebabkan siklus datang bulan lancar lagi dan tidak terlambat tentunya. Anda bisa merebus air yang berisi daun pepaya ini dan segeralah untuk diminum.  Jangan lupa tambahkan garam dan juga asam jawa pada air rebusan ini agar air ini mempunyai rasa yang tidak terlalu pahit untuk diminum.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang begitu terkenal dengan berbagai khasiat yang luar biasa. Kandungan yang terdapat dalam kunyit yang bisa menjadi solusi penanganan datang bulan yang terlambat ini adalah kurkumin. Cara untuk melancarkan siklus datang bulan ini sendiri menggunakan kunyit adalah dengan mengkonsumsinya secara teratur, bisa dalam bentuk jamu.

  1. Jahe

Jahe adalah bahan alami berikutnya yang mampu menjadi solusi terlambatnya datang bulan. Penyebabnya adalah kandungan didalamnya seperti vit A,vit  B2, vit C, fosfor, niasin, minyak atsiri dan masih banyak lagi ini mampu melancarkan datang bulan. Anda hanya tinggal untuk meminum air seduhan dari jahe yang bisa ditambah dengan madu ini untuk mengatsi keterlambatan datang bulan yang dialami.

  1. Adas

Banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa adas ini bisa mengatasi masalah keterlambatan datang bulan yang didalam oleh Anda. Hal ini dikarenakan adas mempunyai khasiat yang mempu memperlancar secara efektif aliran darah dengan sifatnya yang antispasmodic. Tak hanya bisa menjadi solusi keterlambatan datang bulan saja, tetapi juga bisa meredakan nyerinya sekaligus.

  1. Biji Wijen

Biji Wijen juga merupakan salah satu bahan alami yang mampu menjadi solusi menangani masalah keterlambatan datang bulan. Khasiatnya yang mampu menghangatkan badan berguna untuk mengatasi keterlambatan datang bulan ini. Maka dari itulah Anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusannya saja setiap pagi.

  1. Peterseli

Peterseli yang biasa dimanfaatkan sebagai garnish untuk makanan juga bisa menjadi solusi telatnya datang bulan.  Cara untuk memanfaatkanya sangatlah mudah, Anda hanya perlu untuk menggiling peterseli ini lalu silhakan campurkan dengan sedikit air agar bisa diminum.

  1. Menggunjungi Dokter

Apabila seluruh solusi dalam mengatasi telatnya datang bulan  yang telah disebutkan ini tidak berhasil. Maka silahkan segera mengunjungi dokter untuk mengetetahui penyebab dari keterlambatan tersebut. Biasanya dokter akan memberikan obat pelancar haid apabila memang tidak terjadi gangguan yang besar pada organ reproduksi perempuan. Tidak perlu takut untuk menemui dokter karena merupakan langkah tepat agar permasalahan tersebut bisa langsung terselesaikan dan tidak bertambah besar.

Keseluruhan informasi mengenai alasan telat datang bulan beserta dengan solusi mengatasinya ini tentunya merupakan hal yang teramat penting diketahui oleh para perempuan. Para  perempuan tersebut bisa langsung mengenali apa penyebab telatnya datang bulan dari berbagai alasan yang telah disebutkan. Selain itu, untuk cara mengatasinya bisa melakukan beberapa solusi yang telah disebutkan sehingga tidak perlu langsung panik apabila mengalami keterlambatan datang bulan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *