Umum

Masjid Terbesar di Dunia, Tepatnya di Arab Saudi sebagai Pusat Ibadah Haji

 

Masjid adalah salah satu alternatif bagi umat muslim untuk menjalankan ibadahnya yang biasa dilakukan. Masjid sendiri merupakan tempat yang begitu suci dan dijadikan sebagai rumah umat muslim untuk dapat melakukan pembicaraan ataupun komunikasi dengan sang Pencipta atau Khaliknya yang bisa dilakukan secara privasi ataupun dilakukan dengan berjamaah. Masjid juga salah satu bentuk arsitektur yang berkaitan dengan islam dan umat muslim. Dalam sejarah, banyak sekali masjid yang bisa ditemukan dalam ukuran yang besar dan mampu menampung beribu-ribu jamaah dan memiliki keindahan tersendiri. Masjid-masjid yang mempunyai ukuran besar ini berdiri di berbagai negara dan Indonesia sendiri pun punya ikon-ikon masjid terbesar yang terkenal bagi sebagian orang Luar Negeri. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai masjid-masjid terbesar yang ada di dunia tepatnya di Arab Saudi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Masjiddil Haram

Tidak ada umat muslim  yang tidak mengenal Masjiddil Haram, karena dalam melaksanakan ibadah haji pasti ke tempat yang satu ini untuk melengkapi segala hal ibadah haji. Masjid yang satu ini terkenal akan kemegahannya dan memiliki ukuran yang luas serta mampu menampung banyak jamaah di dalamnya. Masjiddil Haram ini berlokasi di Mekkah yang berada di Negara Arab Saudi. Kapasitas Masjiddil Haram ini mampu menampung 4.000.000 orang yang sedang menjalankan ibadah haji di setiap periodenya.

  1. Masjid Nabawi

Masjid yang satu ini juga banyak dikunjungi oleh jamaah-jamaah yang sedang melaksanakan ibadah haji selain dari Masjiddil Haram. Masjid Nabawi ini bertempatkan di Kota Madinah dan masih sama di Negara Arab. Tetapi, masalah kapasitas berbanding sedikit dengan Masjiddil Haram. Setidaknya, Kapasitas yang mampu untuk ditampung dalam masjid ini berkisar 1.000.000 jamaah setiap musimnya pelaksanaan ibadah haji.

  1. Masjid Quba

Masjid Quba sendiri berdiri di kota Madinah. Masjid ini merupakan tempat ibadah yang dibuat oleh baginda Rasulullah SAW. Kapasitas yang mampu ditampung oleh Masjid Quba sudah ditunjukkan pada pernyataan pemerintah dari Arab Saudi yaitu 20.000 Jamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *