Bagi yang belum tahu, sebenarnya perempuan hamil sudah mulai memproduksi ASI saat usia kandungannya mencapai 16-22 minggu. Namun, hal tersebut tergantung kondisi masing-masing sehingga dalam beberapa kasus ibu belum juga mengeluarkan ASI meski usia kandungannya sudah mencapai 8 bulan. Hal ini sering kali membuat beberapa perempuan khawatir karena di usia 8 bulan bayi sudah cukup besar dan akan lahir beberapa bulan kemudian. Oleh sebab itu banyak calon ibu yang akhirnya melakukan berbagai cara untuk membuat ASI keluar saat kehamilan memasuki bulan ke-8. Berikut beberapa cara yang sering dilakukan.

  1.   Rutin membersihkan payudara

Menurut berbagai sumber, memberikan rangsangan di payudara bisa meningkatkan produksi ASI. Oleh sebab itu, selain melakukan rangsangan calon ibu juga sebaiknya rajin membersihkan bagian tersebut terutama bagian puting karena bisa saja ASI tidak keluar karena terhalang kotoran yang menumpuk.

  1.   Memakai bra yang pas

Pada usia kehamilan 8 bulan (trimester terakhir) seringkali calon ibu akan merasa nyeri pada bagian payudara karena ukuran payudara yang membesar. Oleh sebab itu, banyak pihak yang menyarankan untuk menggunakan bra yang tepat. Tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Hal ini sangat penting karena jika ukurannya tidak tepat justru akan membuat payudara semakin terasa nyeri dan menghambat produksi ASI.

  1.   Memijat payudara

Memijat payudara telah terbukti efektif sejak dulu untuk mengeluarkan ASI meski belum melewati proses persalinan. Cara ini bisa menenangkan otot-otot di sekitar payudara yang sering tegang. Agar ASI cepat keluar, calon ibu disarankan rutin melakukan pijatan tersebut dengan menggunakan baby oil.

  1.   Menjalani gaya hidup sehat

Menurut beberapa penelitian, gaya hidup calon ibu sangat mempengaruhi produksi ASI sehingga sangat disarankan untuk menjalani gaya hidup bersih dan sehat. Hindari konsumsi makanan yang tinggi kalori namun minim serat serta kebiasaan buruk seperti merokok, begadang dan sebagainya.

Kempat cara diatas merupakan sedikit dari berbagai cara untuk mengeluarkan ASI di usia kehamilan 8 bulan. Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan namun 4 cara di atas merupakan yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Namun, jika masih ragu ada baiknya jika melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum melakukan cara-cara diatas.

 

 

Berbagai Cara Agar ASI Keluar Saat Hamil 8 Bulan Dengan Mudah
Scroll to top